Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Diare Dijamin Ampuh dan Mujarab

Ilustrasi mengobati diare. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Intensitas curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini patut diwaspadai. Selain bencana alam, curah hujan yang cukup tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Kurang-kurang menjaga kebersihan lingkungan, maka penyakit sangat gampang sekali menyebar, terutama diare. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas Anda yang padat, sehingga bisa membuat kewalahan.

Untuk itu, jika tidak segera ditangani maka bukan hanya kegiatan rutin yang terganggu, tapi bisa menimbulkan masalah lainnya seperti dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Cara mengobati diare bisa dengan obat kimia, tapi untuk aman atau penanganan pertama bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini bahan alami sederhana serta efektif yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diare.

# Banyak minum cairan

Jika Anda terkena diare sebaiknya hindari dulu minum minuman yang ada kafeinnya terlebih alkohol, sebaiknya perbanyak minum air bening, air dari kaldu atau jus yang tidak membuat perut mules.

Penderita diare disarankan minum cairan bening minimal satu liter dalam kurun waktu satu sampai dua jam, atau jika intensitas diarenya cukup besar maka bisa lebih lama.

Meski diharuskan banyak minum cairan bening, tapi disarankan dilakukan dengan bertahap. Pasalnya, untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, ginjal atau liver wajib dibatasi minum cairannya.

# Larutan oralit

Cara mengobati diare dengan menggunakan oralit sudah dipraktekkan sejak lama. Oralit bisa dijadikan obat pertolongan pertama, karena larutan ini bisa mengisi kembali cairan tubuh yang terkuras habis.

Meski banyak di apotek, tapi Anda dapat membuat larutan oralit sendiri. Caranya, campurkan garam halus sebanyak setengah sendok teh dengan gula sebanyak dua sendok teh ke dalam air matang hangat.

Larutan oralit tersebut diminum secara bertahap, pertama dua sampai tiga tegukan, kemudian selang tiga menit diminum kembali sampai habis.

# Air kelapa

Zat elektrolit yang ada di dalam air kelapa ternyata dapat mengisi kembali cairan di dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga bisa membasmi bakteri yang menyebabkan diare.

Sama dengan larutan oralit, air kelapa juga sudah dilakukan sejak dulu kala untuk mengatasi diare. Sebaiknya saat meminum air kelapa jangan ditambah dengan bahan lainnya.

# Kunyit plus madu

Sudah bukan rahasia jika kunyit sering dijadikan obat herbal yang ampuh untuk mengobati penyakit termasuk diare. Di dalam kunyit terdapat kandungan zat aktif kurkumin yang berfungsi sebagai anti-oksidan kuat guna menjaga sel tubuh.

Cara yang paling banyak digunakan sebagai obat diare adalah dengan dijadikan minuman. Sebelumnya, bersihkan kunyit terlebih dulu lalu dikupas dan diparut, kemudian menambahkannya dengan air matang.

Setelah itu, peras air kunyit, biarkan selang beberapa menit kemudian mengambil bagian yang bening. Ingin rasa lebih nikmat Anda bisa menambahkannya dengan madu.

# Teh kental pahit

Cara mengobati diare lainnya dengan memanfaatkan teh kental pahit. Teh yang di dalamnya terkandung tannin lumayan tinggi itulah yang bisa mengatasi diare. Sama seperti yang di atas, teh kental pahit juga sudah dipraktekan sejak dulu.

Cara membuat tidaklah sulit, tinggal menyeduh teh tersebut ke dalam cangkir atau lainnya yang di dalamnya sudah ada air panas. Sementara supaya bisa kental, air tersebut cukup sedikit saja.

Setelah didiamkan sampai beberapa menit, lalu air teh tersebut disaring. Apabila ingin menambah citas rasa menjadi lebih nikmat dan enak, bisa ditambahkan dengan madu, namun hindari pemanis gula.

# Jambu biji

Tidak salah jika obat diare yang ada di apotek biasanya berasal dari ekstrak jambu biji. Karena, menurut penelitian bahwa jambu biji baik buah atau daunnya sama seperti teh yaitu di dalamnya ada kandungan tannin sebesar 17 persen.

Untuk buahnya bisa dijadikan jus, sedangkan daunnya direbus dan airnya dikonsumsi secara rutin.

# Daun Sirih

Selain anti-biotik, daun sirih juga di dalamnya terkandung kavikol dan tannin yang bisa membasmi bakteri penyebab diare, bahkan kekuatannya bisa mencapai 5 kali besar dari fenol pada umumnya.

Cara membuat daun sirih, siapkan enam lembar, enam butir lada serta minyak kelapa sebanyak satu sendok makan. Mengobati diare hasil campuran tersebut cukup usapkan ke bagian perut, sehingga sakit perut yang disebabkan oleh diare menjadi berkurang. (Adi/R5/HR-Online)