Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruBahan Alami yang Dipercaya Bisa Mengatasi Alergi Udang Laut

Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Mengatasi Alergi Udang Laut

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Udang laut memang terkenal menyehatkan jantung dan otak, karena di dalamnya terdapat asam lemak omega-3, protein serta mineral. Sehingga tidak salah jika banyak orang yang menyukai udang laut untuk dikonsumsi.

Masalahnya adalah tidak sedikit juga yang ‘pantang’ memakan udang laut, biasanya karena alergi terhadap makanan laut ini. Bahkan, alergi udang atau makanan laut lainnya masih menjadi momok, karena sampai saat ini menjadi penyebab terbesar alergi makanan di dunia.

Sementara tanda-tanda orang yang terkena alergi udang laut antara lain timbul atau keluar bercak pada kulit dengan warna kemerahan. Setelah itu, kulit tersebut akan terasa gatal dan apabila tidak segera ditangani maka bakalan menjadi eksim.

Sementara tanda-tanda lainnya yaitu napas menjadi sesak serta batuk. Kemudian bisa juga bibir, wajah, lidah atau yang lainnya menjadi bengkak. Bahkan bisa juga sakit perut, mual, diare dan serasa mau pingsan.

Untuk meringankan tanda atau gejala tersebut bisa dengan mengonsumsi obat, atau bisa juga dengan makanan. Nah berikut ini makanan yang dipercaya bisa meringankan alergi udang laut, seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

# Madu

Kandungan vitamin yang ada di dalam madu bisa membantu mengatasi gatal yang disebabkan oleh alergi. Sehingga tidak salah jika madu sangat terkenal sebagai ramuan herbal yang bisa mengatasi alergi disebabkan oleh udang laut.

Saat tanda-tanda alergi datang seperti yang sudah diulas di atas, segera minim satu gelas air hangat yang ditambahkan dengan satu sendok madu.

# Lemon

Selain madu, lemon juga bisa dijadikan sebagai obat alergi udang laut alami. Dengan meminum perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat, maka khasiatnya adalah bercak berwarna merah karena alergi tersebut bisa hilang.

# Jahe

Sebagian besar orang yang terkena alergi biasanya akan muncul bercak merah yang disertai dengan gatal-gatal pada kulit. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa meminum ramuan dari bahan jahe.

Jahe yang sering dibuat minuman atau istilahnya wedang jahe ini sangat mujarab mengatasi bercak merah dan gatal yang diakibatkan karena alergi.

# Makanan kaya akan vitamin E

Mengapa orang yang terkena alergi misalkan makanan laut atau lainnya harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E? Hal itu disebabkan karena vitamin E bisa menjadi anti-alergen yang bisa mengatasi atau mengusir alergi yang bersumber dari segala makanan.

Makanan yang kaya akan Vitamin E bisa Anda dapatkan di kacang-kacangan, acar zaitun, pistachio, tomat, papaya, dan masih banyak lainnya.

# Jus sayuran

Di dalam jus sayuran terdapat protein yang bisa mengatasi bengkak pada lidah karena alergi udang laut. Sayuran yang dijadikan jus bisa dari wortel yang dicampurkan mentimun atau bayam.

# Biji jarak

Obat herbal lainnya yang bisa dijadikan sebagai penangkal alergi udang laut adalah dengan biji jarak. Ada dua cara menggunakan biji jarak sebagai penangkalnya.

Yang pertama dengan menghirup uap dari minyak jarak, yang dengan cara tuangkan minyak jarak sebanyak satu sendok saja ke tempat atau wadah yang sudah ada air hangatnya.

Kemudian aduklah minyak jarak dengan air hangat tersebut sampai benar-benar rata. Kemudian uap hasil campuran tersebut dihirup. Cara tersebut adlaah untuk Anda yang terkena alergi karena makanan namun belum parah.

Cara kedua yaitu dengan menggunakan biji jarak yang diminum. Larutkan biji jarak tersebut ke dalam satu gelas berisi air hangat. Minum ramuan herbal biji jarak satu sampai dua kali dalam sehari. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -