Bangga, Atlet Pencak Silat Banjar Berhasil Sabet 2 Emas di Kejuaraan Nasional

Pembimbing, pelatih dan atlet Perguruan Pencak Silat Perisai Diri Kota Banjar berkunjung ke rumah Wakil Walikota Banjar, Selasa (25/12/2018). Foto : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan atlet pencak silat Perisai Diri Kota Banjar. Di kejuaraan pencak silat antar pelajar tingkat nasional di Bandung, Jawa Barat, enam atlet berhasil merebut 2 emas dan 4 perunggu.

Kejuaraan yang digelar di GOR Padjajaran, Selasa-Minggu (18-23/12/2018) ini, dibagi menjadi tiga tingkat, yakni 800 tingkat SLTA, 600 tingkat SLTP, dan 200 tingkat SD.

Untuk pesertanya diikuti 1600 peserta dari 15 provinsi, diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bali, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Banten, Riau, dan provinsi lainnya.

Pembimbing sekaligus penasihat dari Perguruan Pencak Silat Perisai Diri Kota Banjar, Evi Firmansyah mengatakan, bahwa keberhasilan mereka dalam meraih medali emas dan perunggu, adalah hasil dari latihan serius dan kerja keras bersama.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras kami selama ini, dan di tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin. Jika tahun kemarin meraih satu emas dan satu perunggu, kini meraih dua emas dan empat perunggu,” ujarnya saat tim Perisai Diri berkunjung ke rumah Wakil Walikota Banjar, Selasa (25/12/2018).

Sementara itu, pelatih perguruan pencak silat Perisai Diri Kota Banjar, Tono, mengakui, bahwa di babak penyisihan lawan-lawannya cukup tangguh. Meski lawannya tangguh, namun murid-muridnya sedikit pun tak gentar saat di arena.

“Saat mengikuti kejuaraan ini, jujur kami menggunakan dana hasil patungan. Namun hal itu tidak menjadi masalah, yang penting kami sudah berhasil meraih medali dan bisa mengharumkan nama Kota Banjar di tingkat nasional,” katanya.

Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, mengaku sangat mengapresiasi dengan semangat anak-anak perguruan Perisai Diri Kota Banjar. Menurutnya, meski minim sarana-sarana penunjang, tapi mereka bisa membuktikannya dengan prestasi.

“Dengan keberhasilan dan segudang prestasi yang diraih Perisai Diri, semoga dapat memacu semangat perguruan-perguruan pencak silat lainnya, yang ada di Kota Banjar untuk berprestasi,” ujarnya.

Selain itu, Nana pun berharap, prestasi-prestasi yang diraih Perisai Diri dari cabang olahraga ini, dapat memotivasi cabor-cabor lainnya untuk berprestasi.

Keenam atlet pencak silat asal Kota Banjar dari Perguruan Perisai Diri, yang berhasil merebut juara di kejuaraan pencak silat antar pelajar se Indonesia di Bandung ini, antara lain Resa Puspitasari (SMAN 1 Banjar) meraih juara I dan berhak mendapatkan medali emas di kelas C/Pi tingkat SLTA kategori tanding.

Kemudian Fadli Zaid (SMKN 1 Banjar) meraih juara I dan berhak mendapatkan medali emas di kelas bebas/Pa tingkat SLTA kategori tanding. Sintia meraih juara III dan mendapatkan medali perunggu di kelas D/Pi tingkat SLTA kategori tanding.

Mila Jalianti meraih juara III dan mendapatkan medali perunggu di kelas A/Pi tingkat SLTP kategori tanding. Aditya Ikhsan meraih juara III dan berhak mendapatkan medali perunggu di kelas F/Pa tingkat SLTP kategori tanding.

Dan terakhir Dimas Dian meraih juara III dan berhak mendapatkan medali perunggu di kelas G/Pa tingkat SLTP kategori tanding. (Hermanto/R5/HR-Online)