spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruBegini Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone yang Error

Begini Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone yang Error

- Advertisement -

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Tidak semua smartphone dibekali dengan memori internal kapasitas besar, terlebih harga ponselnya yang murah. Terlebih bagi yang suka menyimpan banyak lagu atau file lainnya di smartphone, jika memori internalnya kecil maka akan berdampak pada kinerja ponsel itu sendiri.

Untuk itu, cara menyimpan file di smartphone yang penyimpanan internanya kecil yaitu dengan memanfaatkan slot eksternal. Bisa dengan menggunakan memory card atau yang sekarang paling banyak dipakai kartu microSD.

Sementara besaran microSD sendiri beragam, dari yang terkecil 4 gigabyte (GB) sampai ada yang mencapai 512 GB. Tentu harganya pun beragam tergantung besaran dan merek dari microSD tersebut.

Dari semua manfaatnya itu, tentu memory card tidak lepas dari masalah, seperti data corrupt atau tidak bisa dibuka/disimpan, memory card tidak terbaca sampai ada yang datanya hilang dengan otomatis.

Jika sudah mengalami kejadian seperti itu, tidak perlu panik dan bingung. Karena tidak semua memory card yang tidak bisa dibaca, lantas langsung dibuang begitu saja.

Ada cara untuk memory card bisa ‘hidup kembali’. Sehingga semua data baik foto, lagu atau lainnya bisa dibuka kembali.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini cara memperbaiki memory card di smartphone yang rusak.

# Bersihkan memory card

Cara memperbaiki memory card yang rusak yang pertama adalah dengan membersihkannya. Keluarkan terlebih dulu memory card tersebut dari ponsel. Namun sebelumnya matikan dulu ponsel tersebut.

Jika sudah dikeluarkan, maka yang dibersihkannya adalah bagian konektornya berupa lempengan tembaga dengan menggunakan penghapus pensil.

Atau jika tidak ada penghapus dapat juga memakai kain berbahan microfiber, caranya adalah usapkan kain tersebut dengan pelan-pelan sampai bersih.

Apabila sudah tidak kotor, maka langkah selanjutnya mencoba dengan memasukkan kembali memory card tersebut ke ponsel pintar, dan mengeceknya apakah memory card yang bermasalah itu sudah terbaca atau belum.

# Memory card dicoba di smartphone lain

Jika sudah dibersihkan namun tetap saja memory card tetap tidak bisa terbaca, maka langkah paling mudah adalah dengan mencobanya di smartphone lain. Hal itu dilakukan untuk mengecek apakah memory cardnya yang rusak atau slot konektor di ponsel.

Cabut memory card dari smartphone Anda dan masukkan ke ponsel pintar lainnya. Lihat apakah memory card bisa terbaca atau berfungsi dengan baik atau tidak.

# Format ulang di smartphone

Cara memperbaiki memory card lainnya yaitu dengan memformat ulang di smartphone. Dengan catatan, memory card tersebut terdeteksi namun filenya tidak bisa dibaca. Dan Anda harus menanggung risiko dengan hilangnya semua data di dalamnya.

Cara memformatnya adalah di smartphone masuk ke menu Setting kemudian pilih Storage lalu Portable Storage kemudian diformat.  

# Cek di komputer

Anda juga dapat mengecek memory card rusak atau tidaknya di komputer baik PC atau laptop, yang terpenting komputer tersebut ada slot untuk card memory, namun jika tidak ada bisa menggunakan card eksternal yang tersedia di toko komputer.

Cara lainnya yaitu dengan menghubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB. Setelah smartphone di colokkan ke komputer, jangan memilih mode Media Transfer Mode tapi pilih Mass Storage Mode.

Setelah terhubung, masuk ke Windows Explorer di komputer, lalu pilih drive memory card setelah itu klik kanan dan pilih Propertis lalu Tools kemudian Error Checking. Tunggu sampai proses mengeceknya selesai.

Jika sudah selesai, eject atau memory card-nya, cek di smartphone Anda apakah bisa dibaca atau tidak.

Namun apabila masih saja belum bisa dibaca atau error di smartphone, langkah atau cara memperbaiki memory card selanjutnya yaitu memformat ulang memory card di komputer.

Caranya, setelah memory card terdeteksi di komputer dengan langkah atau cara di atas, klik kanan drive memory card dan pilih Format, lalu tekan atau klik Start. Tunggu sampai selesai format memory tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -