Burung Kacer Milik Warga Banjar Ini Ditawar Rp 150 Juta

H. Roni Ramandha, berpose dengan burung Kacer ‘Dragon Ball’ kesayangannya. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Burung Kacer ‘Dragon Ball’ dari Tim Padepokan 46 Kota Banjar, pernah ditawar Rp 150 juta oleh seorang pengusaha asal Bekasi, usai menjadi jawara dalam kontes burung berkicau Piala Panglima TNI di Bogor, pada tanggal 7 Oktober 2018 lalu.

Namun, tawaran dengan harga fantastis tersebut ditolak oleh sang pemilik ‘Dragon Ball’, H. Roni Ramandha. Pria berusia 36 tahun, warga Dusun Rancakole, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar ini menolak karena dirinya masih sayang dengan burung Kacer miliknya itu.

Menurutnya, selain kerap menjadi langganan juara, Si ‘Dragon Ball’ pun telah melambungkan namanya di dunia kicau mania, baik di tingkat lokal maupun nasional. “Alhamdulillah, burung ini selalu membawa hoki di setiap lomba, dan saya tidak akan menjualnya,” kata Roni, saat ditemui Koran HR di markas Padepokan 46, Dusun Rancakole, Senin (10/12/2018).

Ia juga  mengaku, tidak ada perawatan khusus atau istimewa saat merawat burung kicau jenis Kacer tersebut. Dirinya hanya rutin merawatnya seperti burung kicau lainnya. Bahkan, sangkar yang digunakan saat lomba pun tergolong biasa.

Meski tidak istimewa dalam perawatannya maupun sangkar yang digunakannya, namun Si “Dragon Ball’ selalu garang dengan suara kicau merdunya ketika bertarung di berbagai lomba, hingga mampu membuat juri dan para kicau mania berdecak kagum melihatnya.

“Saya selalu bersyukur, berkat ‘Dragon Ball’, saya mulai dikenal di kalangan kicau mania hingga banyak kesan dan pengalaman yang saya peroleh. Selain itu, saya pun bisa bersilaturahmi dengan kalangan kicau mania, baik lokal maupun nasional,” ungkapnya.

Selain burung Kacer ‘Dragon Ball’ yang kerap menjadi juara di berbagai event burung berkicau, Roni pun memiliki burung andalan lainnya, yakni Kenari London dan Kolibri ‘Raja Martil’.

Dari ketiga burung tersebut, Tim Padepokan 46 selalu mendulang prestasi di berbagai lomba burung berkicau di tanah air. Hal itu terlihat dari banyaknya trophy dan berbagai penghargaan yang berjejer tersimpan rapih di dalam delapan buah lemari kaca berukuran besar.

Ketiga burung jagoan itu meliputi Kacer ‘Dragon Ball’, Kenari London, dan Kolibri ‘Raja Martil’ selalu menjadi jawara di setiap event skala nasional, diantaranya juara I Nasional Kenari STD Kecil kelas BNR-36 dalam Festival dan Pameran Burung Berkicau Presiden Cup V, 28 Oktober 2018 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Selanjutnya, juara II Nasional Kenari STD All Size Maharaja dalam Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional di Yogyakarta pada 23 September 2018, juara I Nasional Kacer Bio Konslet Presiden Ronggolawe di Cimone, Tangerang pada 9 September 2018, juara I Nasional Kacer Ebod Strong dalam Piala Panglima TNI, dan segudang prestasi lainnya. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA