Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus Si Pengirim

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus Si Pengirim. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Kita pasti penasaran jika menerima pesan WhatsApp dari teman, tapi pesan itu dihapus lagi. Tapi, kini ada cara melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus si pengirimnya.

Seperti diketahui, WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang terus mengalami perkembangan fitur, salah satunya fitur hapus pesan yang telah terkirim ke teman. Pesan yang telah dikirim bisa dihapus lagi sebelum 7 menit. Dengan begitu, penerima pesan tidak dapat melihatnya.

Dikutip dari laman TimesNowNew, Senin (24/12/2018), berikut ini adalah cara untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus si pengirim di smartphone kamu.

Pertama, kamu harus menginstall dulu aplikasi ‘Notification History Log’ atau ‘Recent Notification’ di smartphone kamu. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari Google PlayStore.

Jika sudah berhasil di-install, kamu juga harus mengaktifkan izin Notification Access pada aplikasi tersebut. Sehingga, aplikasi ini dapat mengakses setiap notifikasi yang masuk ke smartphone kamu.

Kalau sudah selesai meng-install maka aplikasi tersebut akan secara otomatis memberikan notifikasi pesan WhatsApp, meskipun pesan yang masuk itu sudah dihapus oleh si pengirimnya.

Fitur ‘hapus pesan untuk semua orang’ yang ada di WhatsApp merupakan fitur yang praktis. Fitur tersebut sebelumnya telah diluncurkan pada November 2017, dan kini sudah lebih banyak diperbarui. Kini, fitur tersebut memungkinkan penggunanya menghapus pesan di luar batas waktu yang awalnya 7 menit menjadi 68 menit.

WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur PiP

Sebelumnya aplikasi WhatsApp secara resmi telah meluncurkan fitur Picture in Picture (PiP) bagi pengguna ponsel Android. Fitur ini memungkinkan kamu nonton video YouTube, Instagram dan Facebook sambil chattingan, tanpa harus keluar dulu dari aplikasi.

Fitur ini telah diuji coba selama beberapa bulan lalu, dan sekarang PiP sudah hadir di WhatsApp versi 2.18.280 yang dapat diunduh langsung dari Play Store.

Dengan fitur ini, saat pengguna lain mengirimkan pesan berupa link video YouTube, Instagram, atau Facebook, video tersebut akan terputar di sebuah layar kecil. Sehingga, pengguna bisa nonton video sambil chatting.

Dirangkum dari berbagai sumber, mekanisme ini jadi memudahkan pengguna saat ingin berbagi referensi video dan membahasnya kepada pengguna lain. Percakapan dapat dilakukan lebih real-time karena tak ada jeda waktu untuk keluar-masuk aplikasi.

Tetapi tak semua video bisa diputar melalui fitur PiP. Video yang dapat ditonton sambil chatting hanya video dari YouTube, Instagram dan Facebook.

Untuk bisa menggunakan fitur PiP ini sangat mudah, pengguna tinggal membagikan tautan video YouTube, Instagram atau Facebook yang dianggap menarik saat ngobrol dengan teman via aplikasi pesan instan tersebut.

Namun, pengguna terlebih dahulu harus menunggu hingga link tersebut menampilkan ‘thumbnail’ video berikut rinciannya. Sebab kalau tidak, maka yang akan diterima pengguna lain hanya sebatas link. Sedangkan, fitur PiP tidak akan muncul di tautan tersebut.

Setelah video berikut thumbnail-nya dikirim, maka si penerima cukup tekan tautan tersebut, kemudian layar kecil otomatis akan hadir di dalam jendela WhatsApp. Teman ngobrol kamu itu bisa melakukan berbagai tindakan atas video yang diterimanya, baik jeda (pause), putar (play) atau berhenti (stop).

Fitur PiP ini memang sudah mulai popular sejak tahun lalu dan hadir di iOS sekitar Mei lalu, tetapi bagi WhatsApp dibutuhkan waktu satu tahun untuk membawa fitur ini ke dalam aplikasi.

Kehadiran fitur secara resmi ini menjadi sebuah keunggulan bagi aplikasi pesan instan tersebut, dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Karena, sejauh ini belum ada aplikasi pesan instan lain yang punya fitur PiP. (Eva/R3/HR-Online)