Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Bagi anda yang sudah terbiasa beraktifitas sehari-hari menggunakan hp (handphone), pastinya akan merasa jengkel ketika sinyal hp anda lemah bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Hal ini biasanya disebabkan beberapa hal, seperti gangguan jaringan maupun lokasi yang jauh terpencil di pelosok desa. Jika hal ini terjadi pada anda maka jangan panik. Ada beberapa cara untuk menguatkan sinyal hp di tempat anda.

Penggunaan hp begitu massif, hampir di setiap tempat dan sudut kota orang menggunakannya. Seolah-olah hp sudah menjadi barang wajib bagi manusia modern saat ini. Seseorang akan disebut ketinggalan jaman dan jadul jika tidak mempunyai dan menggunakan hp. Setiap orang minimal sudah mempunyai satu buah hp pintar sekarang ini. Hal ini disebabkan harga hp sudah sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Namun ketika anda menggunakan hp untuk kegiatan menelepon seseorang, menonton video online di youtube, mengirim sms, menonton tv online, bermain game online, chatting dan lain-lain, bisa saja koneksinya terputus. Pastinya hal itu membuat anda kecewa. Sebab, sedang seru-serunya beraktifitas online, tiba-tiba harus terhenti.

Biasanya, yang menyebabkan sebuah koneksi terputus adalah sinyal yang lemah atau disebut luplep (dalam istilah sunda). Cara yang paling mudah tentu saja mencari sinyal, dengan cara keluar ruangan untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

Sinyal hp yang tak stabil atau lemah menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna hp saat beraktifitas sehari-hari. Bagi penduduk di pedesaan terpencil, hal itu sudah menjadi hal lumrah. Sedangkan bagi penduduk di kota, sinyal hp yang lemah jarang sekali terjadi. Pendek kata, faktor lokasi yang terpencil dapat menjadi penyebab sinyal lemah dikarenakan sulit terjangkau oleh jaringan hp yang ada.

Sinyal hp lemah bisa pula diakibatkan oleh tempat anda yang terbatas. Misalkan anda sedang berada di dalam ruangan kantor atau gedung tinggi dan bersekat. Sehingga sinyal yang ada di luar tidak masuk ke dalam ruangan disebabkan adanya tembok atau pembatas. Untuk mengatasi sinyal lemah di dalam gedung maupun ruangan maka anda tinggal pergi ke luar gedung atau ruangan. Pastinya sinyal hp akan kembali kuat.

Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

Berbagai cara dilakukan orang untuk memperkuat sinyal hp di daerah terpencil maupun di dalam ruangan. Berikut ini beberapa cara memperkuat sinyal hp di daerah terpencil maupun di ruangan tertutup, diantaranya:

  1. Refresh Koneksi

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika mendapatkan sinyal hp lemah atau tidak ada sinyal adalah melakukan refresh terhadap koneksi. Pertama, masuk ke mode pesawat terbang, kemudian nyalakan lagi koneksi seluler. Biasanya sinyal hp yang hilang bisa didapatkan lagi dengan cara mudah ini.

  1. Pindah Tempat

Apabila cara pertama tidak berhasil untuk mendatangkan sinyal yang kuat, maka anda bisa mencoba untuk mencari tempat yang memberikan sinyal hp yang sangat kuat. Sebab ada beberapa tempat yang mendapatkan sinyal ponsel yang kuat. Dan beberapa posisi tempat yang lemah mendapatkan sinyal. Hal ini sesuai istilah bahwa tempat atau lokasi yang menentukan.

Ponsel anda mendapatkan sinyal hp yang sangat kuat dikarenakan posisi yang pas dan dekat dengan alat pemancar sinyal. Apalagi anda yang berada di desa terpencil harus mencari tempat yang bagus untuk mendapatkan sinyal hp yang kuat.

  1. Charge Hp

Jika cara kedua belum berhasil untuk mendatangkan sinyal ponsel yang kuat, maka mungkin gangguan sinyal bisa diakibatkan oleh hp anda, misalkan baterai lemah. Baterai hp yang lemah dapat membuat sinyal juga menjadi lemah. Oleh sebab itu, cobalah charge u;ang hp anda untuk mengembalikan sinyal yang kuat.

  1. Alat Penguat Sinyal

Apabila cara di atas belum berhasil, maka anda bisa mempertimbangkan untuk membuat alat penguat sinyal berupa antena. Anda bisa membuat sendiri atau membelinya di marketplace dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikianlah cara memperkuat sinyal di daerah terpencil yang bisa anda coba. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi anda. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA