Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula

Ilustrasi Cara Menghasilkan Uang dari YouTube. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Internet bukan hanya sekedar mencari informasi atau sarana hiburan saja, melainkan bisa sebagai pundi-pundi penghasil uang. Tidak sedikit yang merasakan manfaat internet untuk menambah ‘uang saku’, baik itu lewat blog, situs berita bahkan bisa dengan cara menghasilkan uang dari YouTube.

Sekedar informasi seperti dikutip dari berbagai sumber, salah satu content creator atau lebih terkenal disebut Youtuber yaitu Daniel Robert Middleton (dikenal daring sebagai DanTDM) di tahun 2017 bisa menghasilkan uang dari media sosial YouTube sebesar Rp 225,11 miliar. Wow…!

Untuk di Indonesia, kita mengenal komika Raditya Dika dengan penghasilan dari Rp 600 jutaan sampai Rp 10 miliar. Kemudian ada Ria Ricis yang bisa mendapatkan uang hasil dari YouTube sampai 18 miliar. Dan masih banyak lagi Youtuber Tanah Air yang sudah bisa merasakan manfaat dari media sosial ini.

Sehingga tidak salah jika Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa milenial atau generasi muda memilih menjadi Youtuber ketimbang menjadi insinyur.

Untuk mendapatkan semua itu memang dibutuhkan usaha yang tidak mudah, karena pihak YouTube memperketat syarat yang ingin menghasilkan uang dari YouTube melalui iklan.

Syarat menjadi lebih ketat hal itu dikarenakan waktu ke belakang ada yang menayangkan video tentang terorisme, konten predator anak sampai memperlihatkan mayat korban bunuh diri di Jepang.

Meski begitu aturan atau syarat yang diberikan pihak YouTube bisa dibilang sangat berat, namun bukan berarti pendapatan dari penayangan iklan tidak bisa dilakukan. Nah berikut ini cara menghasilkan uang dari YouTube seperti dikutip dari situs Daily Star dan cnbc indonesia, beberapa waktu lalu.

Langkah pertama yaitu memperoleh dan menaikkan viewer serta subscriber. Perlu diketahui bahwa setidaknya tiga ratus juta pengunjung ini yang setiap harinya melihat sekitar lima miliar video di YouTube.

Sementara untuk memperoleh pendapatan dari iklan, diperlukan terus dengan teratur mengupload konten video orisinil. Iklan tersebut terselip di awal atau tengah-tengah atau bisa berbetuk pop up video ketika ditayangkan.

Namun, untuk peraturannya adalah video tersebut wajib mengumpulkan minimal 4000 watch time atau waktu tonton selama dua belas bulan terakhir, serta mempunyai seribu subscriber.

Iklan di YouTube sendiri ada dua bagian. Yang pertama yaitu perklik, artinya si pemasang iklan bakal membayarnya berdasarkan banyaknya klik pada iklan. Dan yang kedua adalah pertampil, artinya pihak pengiklan membayar apabila iklannya dilihat minimal setengah waktu iklan atau 30 detik.

Jika tahap pertama sekiranya sudah terpenuhi, maka Anda bisa mengaktifkan pilihan monetisasi untuk mendapatkan iklan dari YouTube. Namun tidak lantas setelah melakukan monetisasi, pihak YouTube langsung menyetujui, karena ada beberapa verifikasi terlebih dulu.  

Jika belum berubah, dari seribu view maka akan menghasilkan uang yang sumbernya dari iklan tersebut kurang lebih US$1,5 atau sekitar Rp 20.464. Nah, jika dihitung Anda mendapatkan 1 juta juta view, penghasilan yang didapat bisa mencapai 1.500 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 20,47 juta.

Cara menghasilkan uang dari YouTube lainnya yaitu dengan endorse atau melakukan promosi barang atau produk orang lain atau perusahaan. Sementara untuk penghasilan yang didapat yaitu semua tergantung pada jumlah pengunjung. Jika belum berubah, tarifnya adalah 10.000 dollar Amerika Serikat dalam per seratus ribu ribu view.

Jika Anda masih pemula, buatlah video dengan waktu atau durasi yang jangan telalu lama, gampang diingat serta buatan sendiri atau orisinil. Dan juga, manfaatkanmedia sosial lainnya untuk menyebarkan video yang Anda upload di YouTube, bisa melalui Facebook, Instagram atau lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA