Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet di Android

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Banyak pengguna smartphone sekarang ini yang rutin mengeluarkan uangnya hingga ratusan ribu rupiah perbulan hanya untuk mengakses internet maupun membeli paket data internet. Memang, internet menjadi salah satu kebutuhan utama manusia di jaman now.

Segala aktifitas bekerja, belanja, berbisnis, bersosialisasi dan mencari berita tak terlepas dari internet untuk mengaksesnya. Sehingga dengan kehadiran dunia maya memudahkan manusia dalam beraktifitas dan bekerja sehari-hari.

Saat ini sudah sangat jarang orang yang tidak menggunakan smartphone untuk kegiatan di internet. Kalau tidak mau disebut manusia purba. Setiap kegiatan pastinya menggunakan internet. Sehingga satu hari tanpa internet seolah-olah hidup dalam tempo masa lalu. Dan yang paling menggembirakan bahwa di Indonesia, setiap daerah dan tempat sudah terdapat jaringan internet. Misalkan Telkomsel yang sinyalnya sangat kuat di kota dan desa.

Hidup tanpa adanya smartphone dan internet bagaikan kehidupan yang hambar, kurang seru dan membosankan. Hal ini membuat banyak orang memilih menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer atau ponsel pintar mereka. Hanya untuk sekedar bermain game online, mencari berita, menonton video, blogging, chatting, browsing, medsos, bisnis online dan lain sebagainya.

Ada banyak alasan bagi seseorang untuk menghabiskan sebagian waktunya menggunakan smartphone yang terhubung internet. Salah satunya adalah kemudahan yang diberikan. Dengan internet maka kita bisa membeli barang tanpa kita harus pergi ke toko tersebut. Proses pembelian barang sangat mudah dan terjamin aman. Proses pencarian berita sangat cepat dan kemudahan lainnya.

Ketergantungan manusia jaman now terhadap internet sangat tinggi. Hal ini terlihat dari segala aktifitas manusia yang tidak bisa lepas dari internet. Yang berdampak pada keharusan untuk membuat anggaran bagi biaya koneksi internet. Namun jika seseorang mempunyai modal minim, maka ia bisa memilih menggunakan internet gratis atau wifi di tempat dan daerah publik tertentu.

Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet di Android

Pengeluaran tambahan manusia jaman sekarang adalah pengeluaran untuk membeli kartu kuota paket data internet. Ada banyak provider yang menyediakan jasa ini seperti Telkomsel, Axis, XL, Indosat, Esia, Telkom, dan lain sebagainya. Namun karena keasyikan tak jarang kuota data internet yang digunakan cepat habis. Jika anda mengalami hal demikian, berikut ini cara menghemat kuota paket data internet di android dan komputer, antara lain :

  1. Melakukan pengaktifan internet hanya pada waktu dibutuhkan

Seringkali kita iseng mengaktifkan internet di ponsel android tanpa kita perlukan. Hal itu termasuk dalam satu pemborosan kuota internet. Jika tidak diperlukan pemakaian internet maka jangan disambungkan dengan internet. Ingat anda tidak selamanya melakukan browsing, chatting dan shopping maka berhematlah dengan menon aktifkan koneksi internet apabila tak diperlukan.

Apabila anda melakukan setting ponsel anda tetap dalam keadaan terkoneksi internet setiap hari  walau tak dipakai maka itu termasuk kebiasaan buruk yang akan menghabiskan kuota  internet secara cepat. Cara ini pun bisa mengganggu konsentrasi anda sebab merasa harus mengecek hp setiap saat. Oleh karena itu, biarkanlah beberapa jam anda hidup tanpa koneksi internet untuk kegiatan bersantai, belajar dan kerja yang nyaman.

  1. Memilih Paket Kuota Data Internet yang Tepat

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda akan kuota internet. Ada yang satu bulan bisa menghabiskan 1 GB, 2 GB maupun 5 GB. Disebabkan kebutuhan yang berbeda-beda. Namun jika anda menggunakan internet hanya untuk sekedar chatting maupun browsing maka pilihlah paket kuota data internet yang kecil saja seperti 1 GB. Jika anda terlalu besar mengambil paket kuota data maka akan memboroskan keuangan anda. Bagi mereka yang pemakaian kuota internet cukup besar untuk kegiatan menonton video maka ia bisa memilih paket kuota yang lebih besar lagi ketimbang 1 GB.  Bagi anda yang senang bermain game online sangat disarankan untuk memilih paket kuota data internet unlimited.

  1. Mengecek Selalu Pemakaian Kuota

Sehabis menggunakan internet cobalah anda selalu mengecek sisa kuota internet anda. Jangan sampai kuota internet anda habis karena anda mengira kuota internet masih banyak. Dengan demikian ketika kuota internet anda sedikit lagi maka anda akan memperkecil pemakaian internet.

Demikianlah cara menghemat kuota paket data internet di android maupun komputer. Semoga bisa memberikan manfaat. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA