Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Harus Minum Air Putih

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Harus Minum Air Putih. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tarikan disertai dengan suara dari cegukan yang muncul bisa menganggu, apalagi saat kita bekerja. Cara menghilangkan cegukan biasanya dengan banyak minum air putih. Namun, cara ini bukan solusi tepat karena cegukan itu tetap saja muncul.

Menurut penjelasan ilmiah, cegukan adalah kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang mengakibatkan ruang antar pita suara menutup, sehingga terjadilah suara ‘hik’ yang berulang-ulang.

Cegukan sering terjadi secara tiba-tiba dan hilangnya pun secara tiba-tiba, meski terkadang waktu yang dibutuhkan cukup lama. Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (09/12/2018), ada cara menghilangkan cegukan dengan cepat tanpa harus minum. Bahkan, hanya dalam waktu 15 detik saja.

Ini adalah cara untuk mengulang lagi siklus kerja diafragma. Berikut ini tahapan-tahapannya;

  1. Hirup udara sebanyak mungkin untuk memenuhi paru-paru kamu dengan udara.
  2. Jika kamu sudah menghirup udara sebanyak mungkin, coba lagi untuk menghirupnya lebih banyak udara. Usahakan tetap fokus dan berusaha untuk menghirup lagi udara sebanyak-banyaknya.
  3. Kalau sudah, tahan berikutnya bernapas selama 10 detik penuh.
  4. Dan yang terakhir, sebelum menghembuskan nafas, cobalah telan udara tersebut, dengan begitu cegukan kamu sudah hilang.

Penyebab Cegukan

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui secara pasti apa yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cegukan. Rata-rata orang tahunya kalau dia bisa terserang cegukan secara tiba-tiba.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terserang cegukan;

Makan Terlalu Banyak

Makan secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami cegukan, sebab ruang di dalam diafragma jadi lebih menyempit.

Makan dengan Cepat

Makan dengan cepat juga dapat menyebabkan seseorang terkena cegukan. Hal ini akibat usus belum siap mencerna makanan lantaran proses konsumsi makanan itu yang cepat.

Terlalu Banyak Minum Alkohol

Alkohol juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena cegukan. Begitu juga dengan meminum banyak soda. Sebab, alkohol dan soda sama-sama mengandung banyak gas yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami cegukan.

Masuk Angin

Seseorang yang terkena masuk angin juga bisa terkena cegukan. Karena, orang yang masuk angin bisa menelan banyak udara ke dalam tubuhnya. Hal inilah yang mengakibatkan seseorang bias mengalami cegukan.

Perubahan Suhu dalam Perut

Terjadinya perubahan suhu mendadak di dalam perut bisa mengakibatkan seseorang terkena cegukan. Perubahan suhu tersebut terjadi saat seseorang meminum minuman panas, lalu beralih dengan meminum minuman serba dingin. (Eva/R3/HR-Online)