Cara Menghindari Penyakit Kanker Kulit

Cara Menghindari Penyakit Kanker Kulit

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Penyakit kanker kulit adalah kelainan pada sel kulit yang disebabkan oleh mutasi DNA sel. Hal ini yang membuat usia sel menjadi lebih panjang dan kehilangan sifat dasarnya. Kanker kulit ini biasanya terjadi pada kulit yang sering terkena terik matahari. Namun tidak menutup kemungkinan pada bagian kulit yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit biasanya terjadi pada wajah, kepala, bibir, telinga, leher, dada, lengan dan tungkai. Namun, kanker kulit juga bisa terjadi pada bagian yang jarang terkena sinar matahari seperti telapak tangan dan kaki, bawah jari bahkan bisa terjadi pada genital. Gejala yang terjadi biasanya ditandai dengan beberapa ciri pada kulit berikut.

  • Muncul benjolan lunak dan mengkilat pada kulit berwarna cokelat gelap atau cokelat kemerah-merahan seperti daging.
  • Benjolan merah keras pada kulit yang berbentuk datar dan bersisik keras seperti kerak.
  • Benjolan cokelat pada kulit dengan bintik-bintik hitam pada benjolan itu.
  • Tahi lalat yang mengalami perubahan pada warna dan ukuran atau mengeluarkan darah.

Pencegahan

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kanker kulit menyerang tubuh.

  1. Menghindari terik matahari ketika tengah hari

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mengatur jadwal aktivitas pada luar ruangan. Sinar UV yang besar dan terlalu lama mengenai kulit dalam jangka panjang dapat merusak kulit dan menyebabkan kanker. Dengan menghindari sinar matahari ketika tengah hari, jumlah sinar UV yang mengenai kulit dapat dikurangi.

  1. Rutin menggunakan tabir surya

Tabir surya memang tidak dapat menyerap seluruh jenis radiasi sinar UV yang berbahaya, namun tabir surya dapat mengurangi efek buruk dan kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari pada siang hari.

  1. Menggunakan pakaian yang melindungi dari sinar matahari

Langkah ketiga adalah dengan mengenakan pakaian yang dapat melindungi dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan pakaian yang menutupi badan, lengan, tangan maupun telapak kaki dan tangan.

Untuk melindungi kepala, Anda dapat mengenakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik panas matahari. Meskipun gerah, cara ini cukup efektif dalam menangkal sinar UV.

  1. Menghindari tanning bed

Penggunaan tanning bed untuk menggelapkan warna kulit ternyata berbahaya. Karena tanning bed ini akan memancarkan radiasi sinar UV sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker pada kulit. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA