Hai! Ternyata Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Hai! Ternyata Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Ginjal adalah organ penting bagi manusia. Organ ini memiliki fungsi dalam sistem ekskresi pada tubuh manusia. Sehingga, akan sangat penting bagi Anda menjaga ginjal supaya tetap sehat. Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang tepat dan efektif.

Peran ginjal dalam tubuh manusia adalah mengatur keseimbangan asam-basa pada tubuh, mengatur tekanan darah, merangsang sum-sum tulang untuk membuat sel darah merah dan membantu mempertahankan kalsium. Berikut ini merupakan cara menjaga kesehatan ginjal yang harus Anda lakukan.

Mengatur Pola Makan sehat

Ginjal yang sehat pasti tidak lepas dari pola makan yang sehat pula. Untuk itu mulai sekarang aturlah pola makan sehat Anda dengan mengonsumsi sayur sayuran, buah buahan yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia.

Makanlah makanan yang berasal dari organik atau tanpa ada unsur kimia yang berbahaya. Kurangi juga konsumsi garam pada makanan. Konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak. Mengonsumsi makanan yang terlalu asin dapat mengganggu keseimbangan mineral pada darah, sehingga beban ginjal menjadi berat.

Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Kesehatan ginjal dapat terganggu karena aktifitas tidak baik, seperti minum-minuman beralkohol dan merokok. Selain merusak ginjal, alkohol dan rokok dapat menyebabkan rusaknya paru-paru. Oleh karenaya, kesehatan ginjal Anda dapat dijaga dengan tidak mengonsumsi alkohol dan rokok.

Kontrol Tekanan Darah

Ternyata, penyakit ginjal dapat terjadi akibat dari tekanan darah yang terlalu tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, 35 persen penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi ketika kekuatan aliran darah tinggi mengalir, pembuluh darah akan meregang sehingga aliran darah lancar.

Akibat dari pembuluh yang meregang ini adalah menimbulkan bekas luka dan melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh. Pada hal ini, ginjal juga mendapat dampak buruknya. Guna mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga ginjal tetap sehat, Anda dapat memakan makanan yang tinggi kalium serta menghindari makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi.

Minum Cukup Air Putih

Air putih menjadi minuman yang cukup penting bagi kesehatan ginjal. Kebutuhan air putih setiap hari biasanya 6 sampai 8 gelas. Kenapa air putih sangat penting dikonsumsi setiap hari? Karena ketika asupan cairan tubuh setiap harinya kurang, maka aliran darah ke ginjal juga tidak baik.

Apabila terjadi penurunan aliran darah ke ginjal, secara bertahap dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal. Selain itu, jika Anda dalam kondisi sakit, usahakan jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena hal itu dapat memberatkan kerja ginjal. (Deni/R4/HR-Online)