Cara Menyambungkan Keyboard Komputer ke Ponsel Android

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Teknologi canggih terus melakukan perkembangan ke berbagai sendi kehidupan manusia. Salah satunya dunia gadget, komputer dan kabel. Teknologi dalam bidang tersebut sangat kental dan selalu disukai atau dicari banyak orang. Dan berkat kecanggihan teknologi saat ini, maka sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.

Kegiatan menulis menjadi aktifitas sehari-hari manusia di jaman modern ini, khususnya bagi para penulis dan blogger. Kegiatan ngeblog sudah menjadi aktifitas sebagian orang yang mampu mendatangkan penghasilan tambahan. Sangat menggembirakan bagi para blogger yang hobi menulis. Mengingat saat ini aktifitas menulis sangat dimudahkan dengan adanya berbagai perangkat dan aplikasi modern yang bisa dijalankan di ponsel.

Karena penggunaan ponsel pintar yang sudah merakyat, hampir setiap orang saat ini mempunyai smartphone dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia. Salah satu aktifitas dalam penggunaan smartphone adalah chatting, browsing, shopping, blogging dan lainnya yang semuanya tidak terlepas dari kegiatan menulis. Pendek kata, banyak orang yang menggunakan ponsel untuk kegiatan menulis.

Bagi anda yang hobi menulis, pastinya dengan adanya perangkat smartphone lebih dimudahkan. Anda bisa menulis dimanapun dan kapanpun anda mau. Mengingat ponsel android berukuran kecil yang praktis bisa dibawa kemanapun. Berbeda dengan komputer dan laptop yang memiliki bobot lebih berat dan memakan ruang serta tempat yang lebih luas.

Namun jika keseringan menggunakan ponsel untuk kegiatan menulis dalam jangka waktu lama terkadang membosankan dan mengesalkan. Mengingat tombol keyboard menyatu di dalam ponsel secara virtual dan tombol-tombolnya relatif berukuran kecil. Kendala lain yang sering ditemukan ketika menulis di handphone android adalah tombol-tombol virtual tidak berjalan sebagaimana mestinya, disebabkan layar sentuh yang rusak.

Cara Menyambungkan Keyboard Komputer ke Ponsel Android

Bagi anda yang bosan dan menemui kendala dalam menggunakan tombol-tombol di smartphone, maka anda bisa menggantinya dengan menggunakan keyboard komputer. Cara ini hanya berlaku bagi ponsel-ponsel terbaru dan tertentu yang mendukung teknologi OTG, contohnya Ponsel Samsung J2 Prime.

Dengan demikian anda bisa menulis di ponsel seperti chatting, menulis sms maupun menulis dokumen menggunakan keyboard komputer yang harga di pasaran sekitar Rp 50 ribu.

Cara ini pastinya akan mampu meningkatkan produktifitas anda dalam menulis. Karenanya, menulis bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan tombol besar terlihat jelas layaknya anda menggunakan komputer mini. Sayangnya, ini tidak berlaku bagi ponsel android Advan SE, Samsung GT, Oppo Neo dan ponsel keluaran lama lainnya.

Adapun alat dan bahan untuk menyambungkan smartphone android dengan keyboard komputer adalah Kabel OTG harga Rp. 15 ribu di pasaran. Ponsel android yang kompatible dengan kabel OTG dan Keyboard komputer dengan merk Logitech ataupun K-one.

Selain menggunakan kabel OTG, untuk menyambungkan keyboard desktop dengan smartphone, maka anda dapat memakai cara lainnya yang tak kalah hebat dan seru, yakni menggunakan keyboard bluetooth. Harga keyboard bluetooth lumayan mahal ketimbang keyboard komputer biasa. Harga keyboard bluetooth sekitar Rp 70 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Keunggulannya, tampak dari penggunaan koneksi jaringan tanpa kabel. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA