Cerita Mitos Orang Naik Batu Kuda di Ciamis, Bisa Sakit Kepala & Kesurupan

Cerita Mitos Orang Naik Batu Kuda di Ciamis Bisa Sakit Kepala & Kesurupan. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Batu Kuda yang berada di Pasirmalang, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyimpan cerita mitos yang banyak dipercayai warga setempat.

Seperti yang dikatakan Otoy, salah seorang warga setempat, bahwa cerita mitos yang dipercaya warga itu adalah, barang siapa yang menaiki batu kuda, maka orang tersebut akan merasa pusing dan sakit kepala.

“Disebut batu kuda karena batunya menyerupai seekor kuda. Selain disertai adanya kelana, juga seperti ada tempat injakan seorang joki, sehingga batu itu selalu dinaiki para pengunjung yang datang ke Pasirmalang,” terang Otoy, kepada HR Online, Rabu (26/12/2018).

Lanjut Otoy, mitos tersebut sebetulnya ditujukan agar warga tidak merusak atau mengambilnya. Sebab, batu-batu yang ada di lokasi tersebut merupakan penyangga Pasirmalang. Hal itu dijadikan sebagai langkah untuk menjaga kelestarian alam.

“Meski begitu, memang mitos itu ada benarnya. Karena dua hari kebelakang ada tiga orang kesurupan, yang katanya setelah menaiki batu kuda tiba-tiba kepalanya pusing dan tak ingat apa apa,” ujarnya.

Otoy juga menegaskan, batu kuda hanyalah sebuah batu yang menyerupai kuda, dan mitos yang ada hanyalah sebuah larangan supaya kelestarian alam tetap terjaga. Terlebih sebagian tanah di Pasirmalang sudah menjadi tempat relokasi bencana longsor. (Edji/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA