Debit Air Citanduy Meningkat, BPBD Pangandaran Imbau Warga Waspada Banjir

Debit Air Citanduy Meningkat, BPBD Pangandaran Imbau Warga Waspada Banjir. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga yang tinggal di dekat Sungai Citanduy dihimbau untuk tetap waspada banjir, menginat intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akhir-akhir ini masih cukup tinggi.

Hal itu dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, kepada HR Online, Kamis (06/12/2018), terkait meningkatnya debit air Sungai Citanduy akibat daerah hulu sungai, seperti Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar diguyur hujan deras.

“Saat ini di Pangandaran sendiri hujan terus-menerus turun setiap hari, terlebih pada malam hari. untuk itu, warga harus tetap waspada banjir. Terutama di wilayah Kalipucang, Blok Santolo dan Pamotan, karena itu merupakan daerah langganan banjir dikala musim penghujan tiba,” kata Nana.

Di tempat terpisah, Yudi, salah seorang warga Kalipucang, mengaku dirinya pasrah dengan kondisi Sungai Citanduy yang saat ini debit airnya meningkat. Ia hanya berharap pihak pemerintah dapat mengantisipasi agar banjir tahunan bisa diminimalisir.

“Apa hendak dikata ini fenomena alam yang selalu terjadi jika musim penghujan tiba, di mana daerah kami selalu menjadi langganan banjir setiap tahunannya. Namun, kami berharap pemerintah dapat mengantisipasi agar banjir tahunan ini bisa berkurang,” tandas Yudi. (Ntang/R3/HR-Online)