Desa Waringinsari Juara 1 Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi

Pjs. Kepala Desa Waringinsari, Sukmana, di dampingi Ketua TP PKK dan Tim P2WKSS Desa Waringinsari, saat menerima pengumuman sebagai juara 1 kategori Kreativitas Ekonomi Perempuan Terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, saat malam apresiasi DP3AKB Provinsi Jabar di Bandung. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari yang mewakili Kota Banjar dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), berhasil meraih juara 1 kategori Kreativitas Ekonomi Perempuan Terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2018.

Desa Waringinsari dikenal sebagai kawasan pertanian yang sedang berupaya untuk mengembangkan wisata agro melalui buah-buahan, seperti belimbing madu dan jambu merah kristal.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras warga melalui peranan kapasitas Kelompok Tani Wanita (KWT) serta Tim Penggerak PKK Desa Waringinsari. Sehingga, dengan pemberdayaan yang maksimal, Desa Waringinsari sebagai wakil Kota Banjar mampu mengalahkan daerah lainnya dalam lomba P2WKSS tingkat Jabar.

Pjs. Kepala Desa Waringinsari, Sukmana, mengatakan, raihan prestasi dalam lomba P2WKSS kategori Peranan Ekonomi Perempuan yang diperoleh desanya itu baru sebatas pengumuman saja, ketika dirinya dan sejumlah tim P2WKSS Desa Waringinsari menghadiri malam apresiasi DP3AKB Provinsi Jabar, di Bandung, hari Sabtu (15/12/2018) lalu.

“Kita baru terima pengumuman, sedangkan penyerahan resmi piagam dan piala akan diserahkan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, saat peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Jabar, hari Rabu tanggal 19 Desember 2018,” ungkapnya, kepada Koran HR, Selasa (18/12/2018) lalu.

Menurut Sukmana, tanda-tanda akan diraihnya prestasi tersebut memang sudah bisa diprediksi sebelumnya. Karena, pihaknya sudah mendapat pengakuan dari daerah lain, yaitu dari Dinas P3A Kabupaten Sukabumi yang sengaja melakukan study banding ke lokasi P2WKSS Desa Waringinsari pada dua minggu lalu.

Selain itu, juga sebelumnya sudah terlihat kesiapan maksimal dari masyarakat dan Pemerintah Desa Waringinsari beserta unsur-unsur terkait lainnya, khususnya perjuangan yang dilakukan oleh SKPD terkait yang membidangi lomba P2WKSS.

“Kita pun berterima kasih kepada Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang terus memprogramkan peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan, yang digalakan dan dijalankannya dengan sepenuh hati. Kami semua bangga atas raihan prestasi ini. Semoga kemandirian Desa Waringinsari tetap terjaga dan kesejahteraan warganya terus meningkat,” pungkas Sukmana. (Nanks/Koran HR)