Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Pekerjaan Galian Kabel Fiber Optik Sudah Berjalan, Sosialisasi Belakangan

Di Banjar, Pekerjaan Galian Kabel Fiber Optik Sudah Berjalan, Sosialisasi Belakangan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Perusahaan telekomunikasi yang sedang mengerjakan proyek galian pemasangan kabel fiber optik (FO), melakukan sosialisasi ke masyarakat Desa Waringinsari, Kec. Langensari, Kota Banjar.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Desa Waringinsari, Rabu (26/12/2018), tersebut bisa dikatakan telat. Pasalnya proyek galian FO itu pekerjaannya sedang berjalan.

Pantauan HR Online di lapangan, proyek galian FO di Desa Waringinsari sudah dikerjakan sejak hari Senin (24/12/2018). Hal itu terlihat, saat para pekerja menggali tanah di bibir jalan sepanjang jalan bulak sawah, atau tepatnya wilayah Dusun Kedungwaringin, RT.07, 08, dan 09, RW.06.

Pihak rekanan pelaksana dari salah satu perusahaan telekomunikasi, Ruslan, mengatakan pemasangan jaringan telekomunikasi berupa kabel optik merupakan program pusat yang wajib didukung oleh setiap pemerintah daerah.

“Bila biasa atau sebelumnya 3G, maka sekarang dikembangkan jaringan 4G. Hal itu untuk pemenuhan kepuasan layanan dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya,” ucapnya ke puluhan warga khusus yang rumahnya dipinggir jalan terlewati proyek galian.

Plt Kades Waringinsari, Sukmana, mengatakan, sosialisasi ini dilakukan atas inisiatif permintaannya langsung, kepada pihak rekanan pelaksana perusahaan telekomunikasi.

“Sosialisasi ini atas inisiatif permintaan pemdes sendiri, bukan kehendak langsung perusahaan,” jelasnya.

Dia mengkhawatirkan, jika tak dilakukan sosialisasi bisa berakibat mendapat protes warga.

“Ya ini untuk menjaga pertanyaan atau diprotes warga. Makanya sekarang disosialisasikan, walau pekerjaan sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu,” jelasnya.

Sukmana mengungkapkan, kedalaman atau luas galian kabel fiber optik ini 70 x 50 meter kubik (M3). Sementara jarak antar titik lubang galian yaitu antara 10 m sampai 15 m.

“Maka, saya minta pada perusahaan agar memperhatikan proses penggalian dan pengurugan tanahnya kembali. Jangan sembarangan, juga pemadatan tanah harus rapih,” pintanya.

Sementara Camat Langensari, Asno Sutarno, kaget mendapat undangan sosialiasai ini secara mendadak. Bahkan, dia bertanya-tanya kenapa untuk pekerjaan galian kabel fiber optik berlokasi di Desa Langensari yang sudah selesai, tak disosialisasikan kepada masyarakat.

“Ya terima kasih di desa ini disosialisasikan. Tapi tolong pada perusahaan saat melakukan pekerjaan, jaga infrastruktur yang sudah ada dan tidak mengganggu estetika. Semoga warga yang kena dampak, bisa memahami. Begitupun perusahaan saling memahaminya,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)