Didemo Warganya, Begini Kata Kades Cibadak Ciamis

Warga saat melakukan aksi di halaman kantor desa. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menanggapi perihal puluhan pendemo yang berorasi di halaman kantor desa, Kades Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Olih Nurholis, menyampaikan bahwa aksi yang dilakukan oleh warga merupakan hal yang wajar.

Menurutnya, menyuarakan aspirasi tidaklah dilarang, apalagi di negara demokrasi ini. Meski begitu, pihaknya menyayangkan aksi yang dilakukan puluhan warga ini tidak berkenan duduk bersama untuk mendiskusikan tuntutan massa aksi.

“Apa yang mereka tuduhkan kepada kami itu sebenarnya tidak benar, mereka hanya menbawa catatan tanpa didukung dengan pembuktian yang sebenarnya. Terkait dugaan yang dilontarkan kepada kami soal diborongkannya proyek-proyek Dana Desa itu jelas tidak benar, semua proses itu kami telah tempuh sesuai dengan aturan yang berlaku. Hanya saja ada beberapa titik pekerjaan yang dikerjakan oleh orang luar dari warga Cibadak,” jelas Olis kepada HR Online, Jum’at (28/12/2018).

Olis menambahkan, dalam pengerjaan pembangunan, pihaknya sudah tentu dituntut soal kualitasnya, maka dari itu pihaknya di beberapa titik mengambil tenaga ahli dari luar desa. Kaitannya dengan dugaan KKN dalam Kepengurusan BUMDes, lanjut Olis, merupakan hasil pemilihan dari masyarakat dan bukan langsung dari desa.

“Memang ada dua saudara saya di sana, tapi kembali lagi ini melalui proses pemilihan di masyarakat dan seleksi. Nah tim seleksinya dari masyarakat itu sendiri dan kami hanya menerima hasilnya saja,” papar Olis lagi.

Olih berharap, masyarakatnya tidak terpancing dengan provokasi oleh orang-orang yang diduga memiliki kepentingan. Ia menyebut, bahwa salah satu orator bukanlah warga Desa Cibadak alias pendatang baru yang belum tercatat di dalam data kependudukan di desanya.

“Jika masih atau belum mengerti persoalan yang ada di desa, silakan masyarakat datang ke kantor kami untuk mendapatkan kejelasannya. Bukannya kami tidak mau atau melarang untuk melakukan aksi demo, namun alangkah baiknya sebelum melakukan aksi itu ya kita komunikasi dulu,” pungkas Kades Cibadak ini. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA