Gali Potensi PADes, Pemdes Langensari Banjar Sempurnakan Bangunan Aula Desa

2. Warga sedang kerja pelaksanaan penyempurnaan aula Desa Langensari. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemdes Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, terus melakukan pembenahan penyelengaraan pemerintahannya. Salah satunya pada pencairan tahap II Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 ini akan melaksanakan penyempurnaan bangunan aula desa.

Kepala Desa Langensari, Yanti, melalui Sekdesnya, Dadang Suharto, mengatakan, penyempurnaan bangunan aula desa bagian dalam atau partisinya ini merupakan kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintahan.

“Penyempurnaan bangunan aula Desa Langensari ini bagian dari kegiatan pencairan tahap II tahun 2018, yang mana sumber dananya diambil dari ADD Silpa 2017 sebesar Rp 353.350.000 yang dikerjakan oleh penyedia jasa CV. Azis Putra, dengan waktu kontrak 60 hari kerja,” terang Dadang, kepada Koran HR, Senin (03/12/2018).

Penyempurnaan bangunan aula desa dilakukan sebagai bentuk upaya atau tekad pihak pemerintah desa untuk meningkatkan target pendapatan asli desa (PADes). Jadi, selain lebih memberikan kenyamanan bagi pengguna, juga nantinya bisa disewakan kepada masyarakat umum.

“Kami terus berupaya menggali PADes, yaitu di tahun ini kita benahi dan sempurnakan aula desa. Artinya, ke depan gedung ini kita sewakan jika ada warga, lembaga atau dinas yang mebutuhkan untuk berbagai keperluan,” katanya.

Jika pembangunan dari penyempurnaan aula tersebut sudah selesai, lanjut Dadang, tentu pihaknya harus berpikir bagaimana teknis penggunaannya. Namun yang jelas, nantinya untuk pengelolaan akan diserahkan kepada BUMDes Langensari.

Selain itu, untuk penyusunan Perdes mengenai penggunaan aula desa, akan dibuat bersama-sama dengan BPD. Sedangkan, untuk pengelolaannya nanti akan diserahkan kepada BUMDes agar fungsinya tetap berjalan dan berdaya.

Dalam hal ini, pemerintah desa sifatnya hanya mempersiapkan sarana dan prasarana fisik, dan BUMDes diberi kewenangan untuk mengelolanya. Tentunya pihak BUMDes harus mampu memasarkan atau mempromosikan aset gedung tersebut supaya banyak yang berminat menggunakannya.

“Pada intinya, Pemdes Langensari ini harus bisa lebih maju dan mandiri, jangan cuma mengandalkan dana transfer, tetapi mesti mampu menggali PADes. Semoga saja apa yang sedang kita ikhtiarkan ini tercapai,” ucap Dadang.

Sementara itu, pimpinan CV. Azis Putra, Yono, mengatakan, sebagai penyedia jasa, pihaknya siap menuntaskan pekerjaan yang dipercayakan kepda pihaknya sesuai waktu kontrak, dan siap menghasilkan yang terbaik.

“Tentu kami akan optimal mengerjakan penyempurnaan aula Desa Langensari ini, dan hasilnya baik pula,” ucapnya singkat. (Nanks/Koran HR)