Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisGara-gara Tungku, Rumah Warga Sadananya Ciamis Hangus Terbakar

Gara-gara Tungku, Rumah Warga Sadananya Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kebakaran rumah di Ciamis kembali terjadi. Kali ini, rumah semi permanen milik Munar, warga Dusun Citulang RT 01/RW 04 Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Minggu (16/12/2018). Penyebab kebakaran diduga dari percikan api yang berasal dari tungku pembakaran yang berada di ruang dapur.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Hanya, pemilik rumah mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah lantaran rumah beserta isinya hangus terbakar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, akibat percikan api dari tungku yang membakar bagian dinding rumah yang terbuat dari kayu, merupakan awal terjadinya kebakaran. Menurutnya, setelah api yang membakar dinding merembet ke bagian atap rumah, membuat kebakaran semakin membesar.

“Karena kebanyakan bahan bangunan rumah ini terbuat dari kayu, membuat api cepat merembet dan membesar. Akhirnya, api membakar rumah dan beserta isinya,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Ani, sudah menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang berkobar. “Dengan dibantu warga, petugas damkar berhasil memadamkan api yang berkobar. Meski tidak seluruh bangunan rumah terbakar, karena berhasil dipadamkan oleh petugas damkar, namun rumah korban sudah tidak layak dihuni lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, kejadian tersebut semakin menambah catatan peristiwa kebakaran rumah di Ciamis selama tahun 2018. BPBD Ciamis mencatat lebih dari 50 kejadian kebakaran rumah terjadi di Kabupaten Ciamis selama tahun 2018. (R2/HR-Online)

- Advertisment -