Hadiri Reuni 212, Ribuan Umat Islam Ciamis Berangkat ke Jakarta

Ribuan umat Islam dari wilayah Ciamis Utara, saat berkumpul di Jalan Veteran Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, sebelum berangkat ke Jakarta untuk menghadiri acara reuni 212 yang digelar di Monas, Jakarta, Minggu (02/12/2018) pagi. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ribuan umat Islam dari wilayah Ciamis Utara, Sabtu (01/12/2018) siang, bertolak ke Jakarta untuk menghadiri acara reuni 212 yang digelar di Monas, Jakarta, Minggu (02/12/2018) pagi. Sebelum berangkat, mereka berkumpul di Jalan Veteran Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dari pantauan HR Online di lapangan, dari sekitar pukul 12.00 WIB, massa yang berasal dari sejumlah daerah di Ciamis Utara mulai berdatangan ke jalan Veteran. Sebelum berangkat, mereka berkumpul dan mendapat pengarahan serta melakukan doa bersama.

Sedikitnya ratusan kendaraan pribadi dan bus disiapkan untuk memberangkatkan para peserta reuni 212. Saking membludaknya massa dan kendaraan, membuat jalur menuju jalan Veteran ditutup untuk kendaraan umum dan dialihkan ke jalan Siliwangi. Sekitar pukul 14.30 WIB, kendaraan rombongan berangkat dari Kawali menuju Jakarta.

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari yang juga inisator aksi jalan kaki Ciamis-Jakarta saat aksi bela Islam 212 tahun 2016 lalu, KH. Nonop Hanafi, dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan reuni 212 ini merupakan yang kedua kalinya setelah pertama kali digelar pada tahun 2017.

“Tujuan dari reuni akbar ini tak lain untuk mengenang semangat persatuan umat Islam  dan untuk mempererat jalinan silaturahmi antara sesama alumni 212,” ujarnya.

Di tempat yang sama, KH. Saeful Uyun, berpesan kepada para peserta reuni 212 agar saat berangkat diniati dengan ikhlas. Dia pun mengingatkan agar para peserta mengikuti acara ini dengan tertib dan bisa menjaga keamanan dirinya masing-masing. “Saya ingatkan untuk berhati-hati selama di perjalanan. Mari kita berdoa agar selamat sampai tujuan dan kembali pulang dengan selamat,” pesannya. (Edji/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA