Harus Tahu! Ini Sederet Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Harus Tahu! Ini Sederet Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Buah sukun ternyata memiliki berbagai manfaat, baik bagi manusia maupun hewan. Secara tradisional, manfaat buah sukun seperti halnya obat, bahkan bisa juga dijadikan sebagai penolak serangga.

Dikutip dari Boldsky, Jum’at (07/12/2018), selain itu memiliki gizi yang cukup, berikut ini adalah sejumlah manfaat buah sukun bagi kesehatan manusia;

Mengatur Tekanan Darah

Buah suku dapat mengendalikan hipertensi serta mengatur tekanan darah. 100 gram daging buah tersebut mengandung 490 mg potasium dan hanya 2 mg natrium. Sehingga, rasio natrium ke kalium tergolong rendah.

Ttak hanya peningkatan kalium untuk mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, namun juga aman untuk pengaturan hipertensi orang dewasa maupun hipertensi prematur pada anak-anak.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat di dalamnya merupakan salah satu komponen yang membuat perbedaan besar untuk menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung serat seperti buah tersebut sudah terbukti mampu membantu orang menurunkan berat badannya.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, serta protein yang lebih banyak yang membantu pertumbuhan otot.

Mengekang Pertumbuhan Sel Kanker

Phytochemical dalam buah sukun diketahui mampu mengekang pertumbuhan sel kanker. Untuk itulah penelitian ilmiah telah mengindikasikan penggunaan buah ini untuk pengobatan berbagai jenis kanker. Bahkan, sebuah studi merekomendasikan agar mengonsumsinya secara teratur untuk mencapai hasil tersebut.

Meningkatkan Energi

Departemen Pertanian Amerika Serikat, mengungkap bahwa, konsumsi 100 gram buah sukun mampu memberikan energy pada tubuh kita sebesar 103 kkal (bila sukun tidak diolah/masih mentah), atau 207 kkal energi kalau dipanggang.

Terdapat pula karbohidrat, gula, serat, dan senyawa lainnya seperti riboflavin yang bekerja untuk membentuk kalori serta menjadikannya sebagai sumber energy bagi tubuh.

Menyembuhkan Ketombe & Mengontrol Penipisan Rambut

Secara ilmiah, buah sukun kaya akan vitamin, mineral, serta jumlah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang terbukti mampu membantu pertumbuhan rambut sekaligus meningkatkan kekuatannya.

Seperti diketahui bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi pengelupasan dan ketombe. Karena secara alami asam lemak omega 3 akan melembabkan kulit untuk menyembuhkan ketombe. Dengan begitu, maka rambut pun tidak akan bercabang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Zaman dulu, buah sukun digunakan untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan kalium dalam jumlah besar. Selain itu, sukun juga menjadi pilihan utama di antara sebagian besar makanan yang dapat mengurangi kolesterol.

Mengurangi Stres

Saat terjadi ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas melalui antioksidan, maka hal itu bisa menyebabkan stres. Menurut penelitian, buah sukun dapat membantu meningkatkan antioksidan serta menghilangkan dan mengendalikan stres.

Menyehatkan Kulit

Buah sukun mengandung asam lemak. Hal ini yang membuatnya memainkan peran dalam menjaga kulit. Antioksidannya juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada kulit.

Membantu Menangani Insomnia

Hasil penelitian, 100 gram buah sukun mengandung 25 gram magnesium yang bisa mempengaruhi durasi serta kualitas tidur manusia. Selain itu, juga mampu membantu mengurangi insomnia. Sehingga, mengkonsumsi buah ini bisa membantu menghindari gangguan tidur seperti insomnia.

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak adalah organ tubuh paling vital dan penting. Kandungan nutrisi dalam buah sukun berkaitan dengan berfungsinya otak.

Memperlancar Pencernaan

Seperti diketahui bahwa buah sukun mengandung cukup banyak serat, sehingga akan membantu memperlancar proses pencernaan.

Kesehatan Gigi

Secara tradisional, buah sukun sudah digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Kandungan kalsiumnya memainkan peran penting dalam kesehatan gigi.

Mengontrol Diabetes

Sejumlah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa buah ini bisa membantu mengendalikan diabetes lantaran memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah sukun juga menurunkan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga ini dapat membantu mengendalikan diabetes.

Memang sekarang ini sulit untuk bisa menemukan pohon sukun. Tidak seperti dulu, pohon sukun mudah tumbuh di pekarangan rumah dan memiliki buah yang melimpah.

Dalam bahasa Inggris, buah sukun ini dinamakan breadfruit  karena teksturnya yang empuk seperti layaknya roti. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA