Ini Pilihan Olahraga Paling Cepat Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menurunkan berat badan. Foto: Ist/Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Pada dasarnya, semua aktivitas olahraga sangat baik bagi kesehatan. Aktivitas fisik apapun yang kamu lakukan, yang membuat otot bergerak dan bekerja, dapat membantu membakar kalori, terutama dalam membantu menurunkan berat badan bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan atau obisitas.

Berbagai pilihan olahraga yang melibatkan alat-alat olahraga maupun tidak, seperti jogging, berenang, berlari, jalan kaki, hingga sepakbola semuanya bermanfaat untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Bahkan, berbagai macam kegiatan yang kita anggap sebagai hobi seperti memancing, juga bisa jadi sarana olahraga untuk menyehatkan tubuh. Karena ketika kita pergi memancing, biasanya kita pun akan mengeluarkan sejumlah tenaga untuk berjalan, mendaki, dan kadang mendayung untuk mencapai spots pancing yang ideal.

Berbekal alat pancing seperti joran, senar, fishing reel, umpan, dan juga kail pancing, kita bisa melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Tapi jika kita berbicara soal pilihan olahraga yang cepat menurunkan berat badan, rasanya 2 jenis olahraga berikut ini adalah yang paling tepat dan sudah terbukti dapat menurunkan bobot tubuh dalam waktu singkat.

Berlari

Lari adalah jenis olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan untuk menurunkan berat badan. Praktis, tidak ada alat-alat olahraga yang kita butuhkan kecuali sepatu lari dan pakaian olahraga yang bisa membantu menyerap keringat dengan baik serta bisa membantu tubuh agar lebih leluasa bernafas.

Namun tidak semua gaya berlari memberikan hasil yang sama. Dari sekian gaya berlari, lari sprint atau lari cepat adalah yang paling cepat menurunkan berat badan karena membutuhkan gerakan intensitas tinggi.

Menurut Profesor James Timmons dari Universitas Heriot-Watt di Edinburgh, melakukan sprint bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2 secara substansial. Bahkan jika sprint yang kita lakukan hanya setengah menit saja, dampaknya bagi metabolisme tubuh sangat dramatis apabila dilakukan secara rutin dalam waktu 1 minggu.

Perbandingan antara sprint dan jogging atau berjalan adalah, seseorang yang berat badannya mencapai 68 kg bisa membakar hingga 20 kalori selama 1 menit sprint. Sedangkan jogging hanya akan membakar 10 kalori di dalam tubuh. Jika memilih berjalan dengan kecepatan sedang, kita hanya akan bisa membakar 5 kalori per menit. Pada intinya, semakin cepat sprint yang kita lakukan maka akan semakin tinggi atau semakin banyak jumlah kalori yang bisa dibakar.

Begitu juga apabila kita memilih untuk berlari di jalan yang mendaki. Running up hill atau berlari mendaki sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, bisa menguatkan otot paru-paru, memadatkan tulang dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Senam Tabata

Senam Tabata merupakan jenis senam yang juga tidak membutuhkan alat-alat olahraga terlalu banyak. Jika kamu memilih beberapa gerakan yang mengharuskan kamu untuk berbaring di lantai, barulah kamu membutuhkan alat seperti matras atau yang lainnya.

Berbicara soal Senam Tabata, ini merupakan pilihan olahraga yang cepat menurunkan berat badan lainnya. Yang menarik, ketika melakukan senam Tabata kita bisa memilih berbagai macam gerakan sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan bagian tubuh yang ingin kita hilangkan lemaknya.

Senam Tabata terdiri atas berbagai kombinasi gerakan seperti push up, sit up, squat jump, plank, angkat beban, sprint, dan lain sebagainya. Setiap gerakan biasanya dilakukan selama 20 detik dan istirahat 10 detik. 1 sesi Senam Tabata biasanya terdiri atas 8 set.

Tempat Beli Sports Equipment yang Lengkap dan Murah

Jika kamu mencari berbagai macam alat-alat olahraga mulai dari sepatu lari pakaian diving, kacamata untuk diving, papan selancar, raket untuk badminton atau tenis, baju renang, tenda, sleeping bag, climbing safety, sepatu dan sandal gunung, jaket, dan berbagai macam survival kit. Saya merekomendasikan kamu untuk berbelanja di Bukalapak.

Bukalapak merupakan satu dari sekian toko online populer yang bisa dipercaya dan banyak menawarkan produk dengan harga murah. Bahkan, setiap hari selalu saja ada barang atau perlengkapan olahraga yang di-diskon. Untuk membuktikannya, kamu bisa mengklik link yang telah saya berikan di bagian atas. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA