Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ikan Konsumsi di Pangandaran Merangkak Naik

Ikan konsumsi yang akan dijual di pasaran. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru, harga ikan konsumsi meningkat secara drastis. Ikan yang biasanya seharga Rp 30 ribu perkilogramnya, kini naik mencapai Rp 35 ribu perkilogramnya. Bahkan, harga ikan diprediksi akan terus mengalami kenaikan.

Deden Hidayat, seorang pedagang ikan, mengatakan, bahwa menjelang libur panjang natal dan tahun baru harga ikan konsumsi mengalami peningkatan harga, yakni mencapai Rp 5 ribu perkilogramnya. Meski harganya naik, namun pesanan dari konsumen juga mengalami peningkatan.

“Iya, walaupun naik, tetap saja pesanan dari pedagang ikan maupun konsumen lainnya tetap meningkat. Saya harap nanti kalau mendekati natal dan tahun baru tidak naik lagi. Jika naik, tentu saja pelanggan semakin berkurang,” jelasnya kepada Koran HR, Selasa (04/12/2018).

Deden menambahkan, naiknya harga ikan tersebut dipicu oleh banyaknya permintaan dari konsumen. Sebagai contohnya, permintaan di wilayah Langkaplancar cukup tinggi, bahkan pasokan ikannya langsung didatangkan dari wilayah Tasikmalaya.

Sementara itu, Dendi, salah satu konsumen, mengatakan, dirinya memaklumi adanya kenaikan harga ikan menjelang natal dan tahun baru. Meski begitu, ia harap kenaikan tersebut tidak terlalu tinggi hingga membebani masyarakat.

“Kalau pasokannya masih ada dan seimbang dengan permintaan, saya kira masih dimaklum. Tapi kalau sudah tidak berimbang, maka yang terjadi ketimpangan dan itu tidak kita harapkan,” ujarnya. (Ceng/Koran HR)