Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita PangandaranJelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Gabungan Cek Kelaikan Bus Pariwisata di...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Gabungan Cek Kelaikan Bus Pariwisata di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, melakukan ramp check kelaikan bus pariwisata dan bus antar kota dalam provisi (AKDP) di Terminal dan Pasar Wisata Pangandaran, Kamis (20/12/2018).

Dalam melakukan ramp check tersebut, pihak Dishub dibantu oleh aparat TNI dan Polri. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas pada bus-bus pariwisata maupun bus penumpang AKDP menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Koordinator Pengamanan Angkutan Natal dan Tahun Baru Dishub Provinsi Jawa Barat, Aris Budiman, mengatakan, Pangandaran bukan hanya obyek wisata nasional, tetapi sudah menjadi wisata internasional. Oleh karenanya dilakukan pemeriksaan kelaikan bus yang mengangkut wisatawan ke Pangandaran.

“Dari hasil pemeriksaan ini, kami mendapati ada sebuah bus pariwisata yang mengalami kegagalan fungsi rem. Sehingga, bus tersebut tidak boleh jalan, dan kebetulan pool bus tersebut dekat, yakni ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Jadi kami minta bus pengganti,” terangnya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela pengecekan kelaikan bus.

Selain itu, kata Aris, ada juga temuan lainnya, yakni bus yang kartu uji masa berlakunya sudah habis. Rata-rata bus yang diperiksa juga tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman pada kursi penumpangnya. (Ntang SR/R3/HR-Online)

- Advertisment -