Jembatan Penghubung Antar Desa di Ciamis Terancam Ambruk Akibat Tumpukan Sampah

Jembatan Penghubung Antar Desa di Ciamis Terancam Ambruk Akibat Tumpukan Sampah. Photo: Net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tumpukan sampah di bawah Jembatan Cipamutih, Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaaten Ciamis, Jawa Barat, mengancam ketahanan jembatan tersebut.

Musim penghujan yang mulai melanda wilayah Kecamatan Pamarican membuat arus Sungai Cipamutih membesar dan menyeret berbagai jenis material sampah, yang akhirnya menumpuk di bawah Jembatan Cipamutih.

Pantauan HR Online di jembatan tersebut, sampai hari ini tumpukan sampah masih terlihat karena tersendat oleh tihang penyangga jembatan. Warga sekitar pun terpaksa harus berjibaku membersihkannya.

Mereka mengaku khawatir dengan banyaknya sampah, lantaran bisa berimbas terhadap ketahanan jembatan. Seperti diungkapkan Asep, salah seorang warga sekitar, kepada HR Online.

“Setiap musim penghujan, penumpukkan sampah selalu terjadi di bawah Jembatan Cipamutih. Bahkan, kondisi jembatannya sendiri kini sudah mulai mengalami retak. Diduga itu akibat terlalu berat menahan beban sampah yang terbawa arus sungai dan tersendat di tiang penyangga jembatan,” tutur Asep.

Penumpukan sampah yang selalu terjadi setiap musim hujan membuat jembatan penghubung antara Desa Neglasari dengan Desa Sukajaya dan Desa Margajayan itu terancam ambruk.

“Kami khawatir jembatan akan mengalami kerusakan karena tidak kuat menahan beban sampah yang tersendat di tihang penyangga jembatan,” ungkapnya.

Menurut Asep, sejak dibangunnya jembatan dengan menambahkan tiang penyangga di tengah sungai, sampah selalu menumpuk di bawahnya. Bahkan, beberapa bulan jembatan ini selesai dikerjakan sudah mengalami keretakan akibat dihantam sampah.

“Saat itu kami pernah melihat adanya perbaikan, namun kali ini jembatan kembali mengalami keretakan. Mungkin akibat di bawahnya banyak tumpukan sampah yang tersumbat,” katanya. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA