Jenazah TKW Asal Ciamis Tiba di Rumah Duka, KBRI dan Agen Disayangkan Tak Hadir

Kedatangan jenazah TKW asal Ciamis saat tiba di rumah duka. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah lama menuggu, akhirnya jenazah Tuti Sumiati (42), seorang TKW yang meninggal dunia di Singapura tiba di rumah duka, Kamis (20/12/2018) sore. Kedatangan jenazah TKW asal Ciamis ini pun langsung disambut tangis histeris keluarga dan puluhan warga Dusun Cisaar RT 07/02, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Pantauan HR Online di lapangan, jenazah Tuti Sumiati TKW asal Ciamis tersebut  tiba di rumah duka sekitar pukul 15:00 WIB dengan menggunakan ambulance yang mana sebelumnya dijemput langsung oleh pihak keluarga di bandara Husen Sastranegara Bandung.

Erat, ibunda Tuti, mengatakan, meski merasa sakit lantaran ditinggal pergi selamanya oleh anak tercintanya, namun ia mengaku ikhlas dan pasrah dengan takdir.

“Mau bagaimana lagi, mungkin ini sudah menjadi takdir keluarga kami. Saya harus ikhlas melepaskan anak saya ini,” katanya.

Sementara itu, kedatangan jenazah Tuti menjadi pertanyaan masyarakat setempat lantaran tak ada satupun petugas dari KBRI maupun dari Agen sebagai penyalur. Bahkan, hingga prosesi pemakaman pun tak muncul.

Karena kejadian ini, salah satu anggota DPRD Ciamis, Oyat Nurayat, menyangkan sekali peristiwa itu.

“Ya jelas kami merasa heran dengan tidak adanya pihak KBRI atau pun Agen yang datang mendampingi peti jenazah. Padahal semestinya jika seorang TKI mennggal di luar negeri itu selalu ada pendampingan dari pihak KBRI. Secara informasinya kan Tuti ini seorang TKW legal, dia juga sudah lama bekerja di luar negeri, bahkan sudah beberapa kali pulang kampung dan berangkat lagi ke luar negeri,” katanya. (Suherman/R6/HR-Online)