Kemenpora Resmi Membuka Gala Desa di Kota Banjar

Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Pendidikan Tinggi Kemenpora, Sudirman Djirjodipuro, menyerahan bola kepada Kadispora Kota Banjar, Nana Suryana, sebagai tanda dibukanya Gala Desa Kota Banjar 2018, di Stadion Sport Center Langensari, Jumat (30/11/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Event olahraga tingkat desa/kelurahan bertajuk “Gala Desa Kota Banjar 2018” resmi dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Pendidikan Tinggi Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora), Sudirman Djirjodipuro bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjar, Ade Setiana, di Stadion Sport Center Langensari, Jumat (30/11/2018) sore.

Mulainya acara ditandai oleh parade peserta atau atlet pelajar dari 25 desa/kelurahan se-Kota Banjar. Selain Kadispora Kota Banjar, Nana Suryana, tampak juga hadir beberapa kepala OPD, Camat, Kades/Lurah, Ketua KONI Kota Banjar, Rachwan, serta segenap Forkompida.

Sudirman Djirjodipuro, saat diwawancarai HR Online mengatakan, Gala Desa ini dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia, yang dimulainya sejak 2017. Dan di 2018 ini, dilaksanakan pada sekitar 136 Kab/Kota.

“Setelah selesaikan kesibukan Asian Paragames, kita kembali keliling berbagai daerah jalankan program unggulan “Gala Desa”. Kota Banjar sebagai daerah ke-110 dari total jumlah Kab/Kota yang disambangi tadi, yang ikut serta menyelenggarakan Gala Desa,” jelasnya.

Dalam event ini, pihaknya memfokuskan pertandingan untuk enam cabor atau yang disingkat pihaknya SETALIBULUMETIK yaitu sepakbola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, tenis meja dan atletik.

“Setiap daerah menentukan pilihan dengan menggelar 4 cabor saja,” ucapnya.

Menurutnya, program gala desa digelarnya untuk membugarkan tubuh seluruh warga Indonesia, menyatukan dan membangun olahraga dari perdesaan serta tentunya mencari bibit bibit unggul di perdesaan.

“Program ini bisa tetap berlangsung untuk tahun-tahun berikutnya di berbagai daerah, termasuk di Kota Banjar ini,” tuturnya.

Disinggung soal adakah biaya pendaftaran keikutsertaan peserta setiap cabor dipertandingan, Sudirman menegaskan, bahwa semuanya alokasi anggaran kegiatan diberi dari Kemenpora juga dukungan pemerintah daerah setempat.

“Jadi untuk peserta ini tidak dipungut biaya apapun,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Banjar, Ade Setiana, dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi langkah Kemenpora dalam mengembangkan dan membangun semangat generasi muda, melalui olahraga dari tingkat desa/kelurahan, serta tentunya bangga Kota Banjar kegilir alokasi kegiatan seperti ini.

“Semoga saja dari program Gala Desa ini, muncul atlet-atlet muda Kota Banjar yang potensial dan berjiwa sportif. Kita harapkan pula ini bisa menjadi semangat membangkitkan olahraga Kota Banjar,” ujarnya.

Untuk pembukaan, mempertandingkan cabor sepakbola antara Desa Raharja melawan Kelurahan. Kick off ditandai dengan penyerahan bola dari Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Pendidikan Tinggi Kemenpora, kepada Kadispora Kota Banjar, yang selanjutnya melakukan tendangan pertama. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA