Langkah-langkah Cara Membersihkan Keyboard Komputer dengan Benar

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Penelitian mengungkapkan bahwa salah satu perangkat yang ada komputer yaitu keyboard, ternyata lebih kotor dari toilet. Hal itu disebabkan karena keyboard yang ada di komputer PC maupun laptop, sering bersentuhan dengan tangan si pemakai.

Sehingga, jika tangan pengguna kotor maka keyboard pun ikut kotor dan menjadi sarang segala penyakit. Terlebih, jika si pemakai sering merokok, sehingga bukan hanya menyebabkan keyboard menjadi kotor namun juga bakalan bermasalah seperti tidak berfungsi.

Untuk itu, disarankan supaya keyboard kondisinya tidak kotor sebaiknya dibersihkan secara berkala. Sementara untuk membersihkannya tidak sembarangan, karena bukannya bersih tapi malah merusak komponen yang ada di keyboard bahkan laptop.

Lantas bagaimana cara membersihkan keyboard komputer dengan benar? Untuk kotoran yang tidak menempel seperti debu, kotoran dari rokok dan sebagainya di komputer PC, cukup dengan mengangkat dan memiringkan kemudian goyang-goyang keyboard.

Untuk laptop angkat ke atas kemudian balikkan posisi laptop sampai menghadap ke bawah dan goyangkan, sehingga nanti dengan sendirinya kotoran tidak menempel itu akan kelur sendiri.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan tombol keyboard. Namun sebelum dibersihkan sebaiknya komputer dimatikan terlebih dulu, supaya tidak bermasalah. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah alkohol dan cotton bud. Bersihkan setiap celah di keyboard dengan menggunakan cotton bud yang sudah diolesi alkohol.

Atau bisa juga dengan memakai sikat yang bulunya lembut, sehingga debu yang ada di setiap celah-celah yang sempit bisa diatasi. Namun perhatikan sikat tersebut jangan sampai ada air, karena sifat air bisa merusak komponen elektronik.

Cara membersihkan keyboard komputer untuk yang sulit dijangkau yaitu dengan membongkarnya. Keyboard PC tidaklah sulit, karena cukup mencopot semua baut yang menempel.

Sedangkan untuk keyboard di laptop Anda harus hari-hati, karena untuk membongkarnya harus membuka laptop terlebih dulu. Jika ragu-ragu sebaiknya jangan dilakukan, atau bisa menghubungi tukang service untuk membongkar laptop.

Apabila sudah dapat membuka atau membongkar keyboard baik PC atau laptop, tinggal membersihkan bagian dalamnya. Siapkan bahan seperti alkohol dan lap atau kain lembut.

Kotoran yang menempel di keyboard bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembut yang sudah diolesi alkohol. Sedangkan debu atau kotoran yang tidak menempel terutama yang ada di celah-celah sempit bisa memakai vacuum cleaner bisa juga air blower.

Langkah terakhir apabila sudah bersih semua tinggal memasang kembali tombol keyboard (untuk yang PC), sedangkan di laptop sudah satu paket antara tombol dengan dudukannya. Apabila kesulitan mengurutkan atau posisi tombol seperti semula, bisa melihat keyboard lainnya atau melihat di internet.  

Nah mudah bukan cara membersihkan keyboard komputer. Jika mudah sebaiknya Anda praktekan sekarang, karena apabila dibiarkan terutama untuk laptop, bisa membahayakan atau merusak bagian komponen lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...