Manjur, Ini Cara Mengobat Ambeien Secara Tradisional

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski bukan tergolong penyakit yang mematikan, akan tetapi ambeien yang dibiarkan terus tanpa diobati dampaknya akan fatal yaitu mengakibatkan gangguan di sistem saraf. Supaya tidak terjadi hal seperti itu, diperlukan cara mengobati ambeien yang benar, bisa dengan operasi atau tanpa operasi.

Sebelum mengulas cara mengobati ambeien, terlebih dulu mengupas apa itu ambeien. Dikutip dari berbagai sumber, ambeien merupakan penyakit yang membesarnya atau membengkaknya pembuluh darah di wilayah dubur atau anus, yang disebabkan karena terhalangnya aliran darah ke dubur.

Hal itu bisa disebabkan karena pola hidup seperti kurangnya gerak atau terlalu lama duduk di posisi yang sama, kurangnya asupan air putih atau bisa juga karena kurangnya memakan makanan yang ada seratnya.  

Faktor lainnya antara lain saat buang air besar (BAB) mengejannya sangat keras, kelebihan berat badan, sering makan yang pedas dan lainnya.

Adapun gejala wasir atau ambeien antara lain sakit atau keluar lendir bahkan darah saat BAB, ada benjolan di dubur, terasa panas serta gatal di dubur. Jika sampai terjadinya keluar darah berarti kemungkinan besar ambeien tersebut sudah parah.

Biasanya orang yang terkena ambeien cara mengatasinya dengan melakukan operasi. Seperti mengangkat benjolan di dubur. Namun, jika ambeien belum parah atau masih gejala bisa diatasi dengan menggunakan ramuan tradisional.

Nah, berikut ini cara mengobati ambeien dengan alami atau ala tradisional, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Bawang putih

Bahan yang satu ini banyak ditemukan di dapur. Khasiat dari bawang putih tidak bisa diragukan lagi terutama buat kesehatan.

Kandungan vitamin C, zat besi, serta, kalsium, gizi, allicin dan lainnya itulah yang menjadikan bawang putih sebagai ‘obat’ wasir. Allicin yang ada di bawang putih sangat bermanfaat untuk antibanteri serta antioksidan.

Untuk membuat bawang putih menjadi ramuan herbal mengatasi wasir tidak lah sulit. Cukup sediakan dua buah/siung, kemudian ditumbuk sampai lembut. Lalu mengoleskannya ke bagian benjolan yaitu sekitar dubur.

Sementara guna membasmi bakteri di dalam tubuh, bawang putih tersebut dibuat jus dan diminum setiap hari.

# Manggis

Cara alami lainnya yaitu dengan memanfaatkan kulit manggis. Alasannya adalah di dalam kulit manggis terdapat zat anti racun atau oksidan serta xanthone yang mujarab untuk mengobati diabetes, kanker, serta menghentikan proses radang.  

Untuk membuat herbal dari bahan ini, sebelumnya mengeringkan terlebih dulu kulit manggis tersebut. Kemudian kulitnya yang kering direbus lalu minum air rebusannya setiap hari.

# Lidah buaya

Bahan yang satu ini terkenal sebagai bahan kecantikan yaitu memutihkan kulit serta membuat subur rambut. Manfaat lainnya untuk kesehatan adalah bisa sebagai alternatif mengatasi wasir.  

Sama seperti yang di atas, lidah buaya di dalamnya juga banyak mengandung zat antioksidan serta detoksifikasi tubuh. Lantas bagaimana cara membuat herbal obat wasir? Sebelum membuatnya menjadi jus, potong terlebih dulu lidah buaya tersebut menjadi beberapa bagian. Lalu cucilah sampai bersih, kemudian diblender sampai halus atau membentuk jus.

# Akar kangkung

Sayuran hijau yang satu ini memang kaya akan zat besinya. Selain nikmat jika diolah menjadi masakan, ternyata kangkung terlebih pada akarnya (karena bukan daun yang dimanfaatkannya) bisa dijadikan sebagai obat alami ambeien.

Selain zat besi, akar kangkung juga banyak mengandung vitamin B1, C, kalsium, protein serta fosfor yang sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita ambeien. Akar kangkung tersebut bukan dimasak, namun direbus dengan air sebanyak dua gelas. Jika sudah mendidih serta sisanya hanya satu gelas, maka rebusan itu bisa Anda minum.

# Daun sirsak

Selain itu, cara mengobati ambeien lainnya bisa juga dengan memanfaatkan daun sirsak, yang di dalamnya terkandung senyawa bermanfaat sebagai antibakteri.

Tidak sulit untuk membuat ramuan dari daun sirsak, cukup sediakan lima lembar serta dua gelas air bersih. Rebus semua bahan tersebut sampai matang dan menyisakan satu gelas, kemudian air rebusan tersebut diminum baik di malam atau pagi hari.

# Cocor bebek

Cara mengobati ambeien lainnya dengan memanfaatkan cocor bebek. Tanaman yang biasa dijadikan hiasan ini, di dalamnya mengandung magnesium malat, tanin, biofilin, kalsium dan sebagainya, yang berguna untuk anti-peradangan.

Cocor bebek dibersihkan terlebih dulu lalu dijemur sampai kering, kemudian ditumbuk sampai lembut, lalu diseduh menggunakan air panas layaknya menyeduh minuman teh. (Adi/R5/HR-Online)

Aegis Boost Pro