Meski Diguyur Hujan, Pembukaan Porsenitas 2018 di Banjar Tetap Meriah

Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke VII tahun 2018, di stadion Sport Center (SC) Langensari, Kota Banjar, Senin (03/12/2018) sore. Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Event Pekan Olahraga dan Seni antar Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke VII tahun 2018 di Kota Banjar resmi dibuka, di stadion Sport Center (SC) Langensari, Kota Banjar, Senin (03/12/2018) sore.

Di tengah guyuran hujan, tak menyurutkan semangat kebersamaan peserta dari sembilan daerah Kunci Bersama mengikutinya dengan meriah.

Pembukaan diawali pawai defile kesenian daerah yang kemudian diikuti oleh ribuan barisan para atlet dari masing-masing peserta, yaitu Kota Banjar selaku tuan rumah, Kab. Brebes, Kab. Cilacap, Kab. Ciamis, Kab. Kuningan, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Pangandaran.

Salah satu kesenian yang ditampilkan saat pawai defile yakni Kab. Ciamis yang menampilkan kesenian Bebegig. Sedangkan Kab. Pangandaran menampilkan kesenian ronggeng gunung. Kota Banjar sendiri tak kalah meriah dengan penampilan aksi tari kolosal yang diperagakan 500 penari pelajar SMP se Kota Banjar.

Pembukaan Porsenitas ke VII ini ditandai dengan pelepasan balon secara bersama oleh Ketua Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama, H. Aang Hamid Suganda, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dan seluruh kepala daerah yang tergabung dalam Kunci Bersama.

Dalam sambutannya, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menyampaikan rasa terima kasih kesembilan Kab/Kota yang tengah mengikuti Porsenitas di daerahnya ini. Juga menjadi sebuah kehormatan Kota Banjar dipercaya jadi tuan rumah Porsenitas Kunci Bersama tahun 2018.

“Pembukaan dalam cuaca hujan ini, menjadi berkah untuk menyambut Porsenitas Kunci Bersama. Serta semoga daerah peserta selama mengikuti kegiatan dari 3-6 Desember akan terkesan di Kota Banjar sebagai kota idaman (Indah, damai, aman.red),” ucapnya.

Menurutnya, acara ini adalah suatu yang positif dalam upaya bersama membangun daerah perbatasan yaitu Jabar-Jateng yang berkelanjutan. Dengan tema yang diangkat, “Melalui Porsenitas VII Kunci Bersama, Tingkatkan Silaturahmi, Kebugaran Jasmani dan Produktivitas Kerja ASN antar Daerah Perbatasan”.

“Selamat datang di Kota Banjar, dan selamat bertanding, jaga sportivitas. Jaya terus Kunci bersama. Juga Kota Banjar maju dan berprestasi,” pungkasnya.

Ketua (BKAD) Kunci Bersama, H. Aang Hamid Suganda, yang juga mantan Bupati Kuningan, mangaku terkesan dan takjub akan fasilitas olahraga SC ini yang dimiliki Kota Banjar.

“Tidak sangka Banjar ini luar biasa fasilitas olahraganya. Saya buktikan sendiri tadi lihat venue yang akan dipakai cabor dipertandingan. Saya kira cukup dan baik SC ini,” katanya.

Menurutnya, sebenarnya Kota Banjar ini ragu-ragu menyelenggarakan Porsenitas, tetapi ternyata mumpuni sebagai tuan rumah.

“Sukseslah Kota Banjar, dan semoga lebih berkembang atas dipimpin Ade Uu. Terlebih beliau punya mimpi-mimpi atau komitmennya untuk Banjar lebih maju,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA