Modular Phone, Smartphone yang bisa Upgrade Hardware

Modular Phone, Smartphone yang bisa Upgrade Hardware

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Pernahkah anda berfikir tentang sebuah smartphone yang bisa diupgrade hardwarenya. Pikiran tersebut kini terealisasikan oleh sejumlah produsen smartphone puzzel atau modular phone, dimana Anda dapat mencopot dan mengganti hardware di dalamnya, layaknya sebuah PC.

Berikut ini adalah beberapa smartphone yang dapat diupgrade hardwarenya mulai dari RAM, Chipset, GPU, internal memori dan komponen lainnya. Mungkin ini bisa menjadi solusi bagi anda ketika ingin mendapatkan smartphone yang unggul pada satu hardware saja.

Project Ara

Produsen pertama yang merancang smartphone puzzel adalah Google. Google saat ini sedang mengembangkan smartphone jenis ini dengan nama project ara. Smartphone yang masih dalam pengembangan ini beberapa diantaranya sudah ada gambaran mengenai bentuk fisiknya.

Fisik dari project ara ini berupa smartphone pada umumnya. Namun memiliki skat-skat atau puzzel yang bisa dicopot. Setiap bagian puzzel terdapat komponen yang berbeda, misalnya puzzel satu adalah RAM 2 GB. Nah, puzzel ini dapat diupgrade sesuai dengan keinginan Anda.

Project ara ini sebenarnya dirilis 2015 lalu. Namun hingga kini masih belum diluncurkan karena terdapat kendala pada uji coba. Jika dirilis pun harga yang dibanderol untuk smartphone ini cukup murah, yakni hanya Rp. 650 ribuan.

ZTE Eco-Mobius

Mungkin ini adalah bentuk pengembangan modular phone tercanggih saat ini. Namun, HP ini masih dalam tahap pengembangan dan konsep. Berbeda pada produk sebelumnya, smartphone yang diproduksi dari perusahaan ternama ini mengembangkan modular phone dalam bentuk miniboard layaknya motherboard pada PC.

Setiap komponen hardware seperti RAM, Chipset bahkan kamera pada ZTE Eco-Mobius ini berbentuk seperti SD Card tebal dan dapat dilepas serta diupgrade sesuai keinginan. Namun, sampai saat ini Eco-Mobius ini masih dikembangkan oleh produsennya, ZTE.

Xiaomi Magic Cub

Brand terkenal yang satu ini juga tak mau kalah dengan produsen lain. Pasalnya, Xiaomi juga mengenalkan pengembangan smartphone modular mereka. Kali ini modular phone yang Xiaomi buat cukup simple karena hanya ada 3 bagian yang bisa diupgrade.

Bagian tersebut adalah pada bagian kamera, baterai dan motherboard. Pada motherboard berisi RAM, Prosesor, GPU dan lain-lain, sehingga jika Anda ingin upgrade prosesor maka semuanya dalam motherboard ikut terganti. (Deni/R4/HR-Online)