Mudah dan Ampuh, Begini Cara Mengusir Semut di Dalam Rumah

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski bukan binatang yang membahayakan, namun kehadiran semut di dalam rumah pasti akan membuat jengkel dan kesal. Terlebih jika makanan kesukaan Anda yang disimpan di dapur atau atas meja dikerumuni semut.

Jika sudah seperti itu, biasanya orang akan mengusir semut baik dengan semprotan serangga atau mengusirnya menggunakan benda lain seperti sapu, lap atau lainnya. Masalahnya, jika memakai semprotan serangga ada nilai negatifnya yaitu bahan yang digunakan berbahaya jika bercampur dengan makanan.

Untuk itu, langkah yang paling tepat dan ampuh sebagai cara mengusir semut, yaitu dengan menggunakan bahan alami. Cara tersebut bukan hanya murah, tapi juga dipastikan aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Nah berikut ini bahan alami yang diyakini sebagai cara mengusir semut di dalam rumah, seperti HR Online kutip dari berbagai sumber.

# Bubuk kopi

Cara mengusir semut yang pertama yaitu dengan memanfaatkan bubuk kopi tanpa gula. Bau harum yang keluar dari kopi malah dibenci oleh semut. Caranya taburkan bubuk kopi di tempat yang biasa dilalui atau dikerumuni oleh semut.

Bukan hanya bubuknya, ternyata ampas kopi yang sudah diseduh mempunyai manfaat yang sama yaitu bisa mengusir semut.

# Bawang putih

Bukan hanya bisa mengusir tikus, bawang putih juga dapat berfungsi sebagai salah satu cara mengusir semut dari dalam rumah. Caranya, kupas kulit bawang putih kemudian iris menjadi beberapa bagian. Lalu simpan potongan tersebut di setiap jalan yang sering dilalui oleh semut. Atau bisa juga disimpan di sudut ruangan.

# Lemon

Buah yang satu ini ternyata juga termasuk yang dibenci oleh semut, pasalnya di dalam lemon terkandung asam sitrat.

Cara membuatnya ‘obat’ pengusir semut dari lemon tidak lah sulit. Sesudah Anda menyiapkan lemon, kemudian diperas dan campurkan dengan air dengan perbandingannya 1:3. Setelah dicampur masukkan ke dalam botol spray.

Selain semut tidak betah, larutan lemon itu juga bisa membuat rumah Anda menjadi segar.

# Cuka

Sama seperti lemon, bau yang dikeluarkan cuka juga sangat dibenci semut. Untuk membuat semprotan anti semut menggunakan bahan ini, tinggal campurkan cuka dengan air. Setelah itu masukkan ke botol spray.

Atau bisa juga ditambahkan lada ke dalam campuran cuka dengan air tersebut.

# Cabai rawit

Bahan alami lainnya yang dipercaya sebagai cara mengusir semut yaitu bubuk cabai rawit. Dengan aroma dari cabai rawit yang pasti pedas itu membuat semut lari tunggang langgang.

Simpan bubuk cabai rawit itu di tempat yang biasa dilalui oleh semut. Tidak perlu ditaburkan, Anda bisa juga dengan menyimpannya ke wadah kecil. Jika sudah lama atau terlihat menggumpal, sebaiknya ganti dengan yang baru.

# Tepung jagung

Tepung jagung atau biasa orang yang membuat kue sering menyebutnya maizena ternyata juga bisa dijadikan bahan yang dapat mengusir semut dari dalam rumah.

Sebarkan tepung maizena itu ke dekat daerah atau sarang semut. Jika semut itu memakan tepung dari jagung itu maka bakalan mati, pasalnya tepung jagung bakal mengembang ketika masuk ke dalam perut semut dan tentunya sulit untuk dicerna. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...