Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruNih! Tips Aman Transaksi Gunakan ATM

Nih! Tips Aman Transaksi Gunakan ATM

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Sebagai seorang nasabah bank, tentunya membutuhkan fasilitas tarik tunai di manapun berada. Sehingga, bank memberikan layanan mesin ATM yang dapat digunakan bagi orang-orang menarik uang tunai. Mesin ATM ini dipasang pada tempat-tempat umum yang biasanya ramai dikunjungi, seperti dekat SPBU, Supermarket, Mall dan lain sebagainya.

Dengan adanya mesin ATM, tentu saja akan mempermudah bagi seorang nasabah pemegang kartu ATM melakukan berbagai transaksi, seperti tarik tunai, transfer ke semua bank resmi Indonesia, pembelian pulsa prabayar dan beragam layanan yang disediakan oleh bank.

Namun di balik fasilitas tersebut, terdapat ancaman pencurian data rekening pemilik kartu ATM. Untuk menghindari semua hal-hal yang bertujuan merugikan Anda ketika berada di ATM, sebaiknya mengikuti tips berikut ini.

Siapkan Kartu ATM sebelum Masuk Bilik

Ketika Anda berencana ke mesin ATM untuk melakukan transaksi, siapkan kartu ATM supaya mudah mengambilnya ketika berada di bilik ATM. Hindari kerepotan seperti kartu ATM yang berada di tumpukan dokumen. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mencari-cari kartu, sehingga membuat orang lain menunggu lama.

Periksa Lubang Kartu pada Mesin ATM

Banyak cara untuk melakukan pencurian data rekening Anda, yakni dengan melakukan skimming. Teknik ini biasanya menempelkan alat pada mulut slot kartu guna menyecan kartu ATM Anda. Solusinya adalah sebelum memasukkan kartu ATM ke mulut mesin, coba periksa terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan menggoyangkan mulut mesin ATM. Jika bergoyang bisa dipastikan telah dipasangi alat skimming. Jika begitu, Anda jangan teruskan transaksinya dan laporkan hal itu kepada pihak bank.

Periksa Atas Papan Pengetik

Pada mesin ATM terdapat sejumlah tombol angka dan huruf yang berguna untuk memasukkan PIN. Nah, sebelum memasukkan PIN, coba periksa mesin ATM pada bagian atas papan ketik. Caranya adalah dengan meraba-raba. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah ada kamera tersembunyi yang dipasang oleh seseorang untuk melihat PIN ATM Anda.

Tutupi Jari ketika Mengetikkan PIN

Biasanya ketika berada di ATM akan ada antrean panjang dan berujung pada desak-desakan. Disini Anda harus memerhatikan orang sekitar, jangan sampai mereka melihat PIN ATM Anda. Tutuplah jari Anda ketika memasukkan PIN ATM dengan menggunakan tangan kiri. Jika ada orang yang mencurigakan segera batalkan transaksi dan pindah ke ATM lain. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -