Begini Para Ahli Mendefinisikan Teknologi

Begini Para Ahli Mendefinisikan Teknologi

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Anda pastinya sudah mengenal apa itu definisi teknologi? Teknologi adalah sesuatu yang canggih dan mutakhir. Tidak usah jauh-jauh anda mencari pengertian teknologi karena di sekitar anda pun sudah banyak benda-benda berteknologi seperti kulkas, televisi, radio, lampu emergency, dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan teknologi. Sifat dari teknologi adalah dinamis. Yang berubah-ubah setiap hari. Dan semakin hari teknologi terbaru semakin canggih dan baik. Berkaitan dengan pengertian teknologi bahwasanya para ahli sepakat mengenai arti teknologi sesungguhnya. Teknologi adalah semua media yang dibuat oleh manusia dalam rangka memberikan kenyamanan dan keberlangsungan kehidupan manusia.

Teknologi bukanlah hal baru. Media ini sudah dikenal sejak jaman dulu seperti jaman Nabi Adam, Idris, Nuh, dan setelahnya. Bahkan teknologi pada jaman dulu ada sebagiannya yang lebih canggih. Hal ini terbukti dengan ditemukannya beberapa peralatan canggih di masa lampau yang masih saat ini masih menjadi misteri.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Apabila disuruh untuk menyebutkan pengertian teknologi menurut para ahli pastinya halaman artikel ini tidak cukup muat. Mengingat ada banyak ahli dan pakar yang mendefinisikan teknologi berdasarkan pandangan dan pendapatnya. Berikut ini definisi teknologi menurut berbagai pakar, antara lain :

  1. Wikipedia

Situs Wikipedia mendefinisikan teknologi sebagai media yang dipergunakan oleh manusia untuk membuat nyaman hidupnya. Proses pembuatan teknologi berdasarkan atas daya kreatifitas manusia untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Adapun Kamus Besar Bahasa Indonesia mengklasifikasikan pengertian teknologi sebagai sesuatu yang ilmiah yang dipakai oleh manusia dalam rangka mendapatkan tujuan utamanya, yakni hidup yang praktis dan nyaman. Teknologi merupakan hasil dari ilmu yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Merriam Webster

Menurut Merriam Webster, teknologi merupakan sebuah penerapan akan ilmu pengetahuan yang disebut juga sebuah aplikasi manusia.

  1. Sudarsono

Sudarsono melihat teknologi sebagai industri. Dalam sebuah pernyataan, dia menyebut teknologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam suatu industri.

  1. Read Bain

Ia melihat aspek teknologi dari segi peralatan. Teknologi meliputi berbagai hal seperti alat, keterampilan, perangkat, komunikasi, transportasi, pakaian, perumahan, senjata, perlengkapan, mesin dan lain sebagainya yang dapat diproduksi oleh manusia.

  1. Miarso

Pakar teknologi lainnya, Miarso, berpendapat bahwasanya teknologi merupakan sebuah wujud peningkatan suatu nilai tambah pada kehidupan manusia. Baik dalam teknologi produksi, komunikasi, industri, mesin, dan lain-lain.

  1. Sardar

Sardar mengemukakan pendapat bahwa teknologi adalah sebuah media yang dipergunakan manusia untuk mencari jalan keluar dari masalah. Teknologi membentuk peradaban manusia. Kalau suatu kehidupan masyarakat tanpa adanya dukungan teknologi, maka di dalam masyarakat tersebut akan terjadi suatu masalah yang semakin banyak.

Demikianlah pengertian teknologi menurut para ahli. Terdapat suatu kesamaan definisi teknologi, yaitu sebuah ilmu pengetahuan yang diimplementasikan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA