Pasar Pananjung Pangandaran Didesain Seperti Pasar Modern Tangsel

Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari. Photo: Dok. HR Online.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari, beberapa hari lalu melakukan kunjungan ke pasar modern Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan (Tangsel). Kunjungan tersebut guna dijadikan referensi dan perbandingan untuk rencana pembangunan pasar Pananjung di Kecamatan Pangandaran.

H Adang mengatakan, jika pembangunan Pasar Pananjung akan berubah dari rencana semula. Pada rencana awal, pasar tersebut akan dibangun tiga lantai, namun kini diubah menjadi satu lantai saja dan kalau pun diperlukan hanya menjadi dua lantai.

“Kita sepakati bersama dengan Pak Bupati untuk rencana pembangunan pasar ini satu lantai saja. Tapi kalau tidak memungkinkan, maksimal dua lantai saja,” kata H Adang, Selasa (04/12/2018).

Adang melihat, bangunan pasar yang ada di Tanggerang Selatan itu dibangun menyerupai gedung atau hangar tanpa batas penyekat dan tempat jualannya seperti pedagang lapak, dengan ukuran 2 x 3 meter dengan harga sewa Rp. 1,5 juta per bulannya. Sementara di sekelilingnya dibuat bangunan permanen untuk rumah toko (ruko) .

“Setelah saya komunikasikan dengan Pak Bupati, beliau menyarankan agar pembangunan pasar dibuat seperti pasar modern yang ada di Tanggerang Selatan saja,” kata Adang Hadari.

Masih dikatakan Adang, pasar modern di Tanggerang Selatan tersebut dikelola oleh swasta, tapi tetap pihak pengelola menjalin kordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait.

“Pasar tersebut tetap akan dikelola pemerintah, tapi dengan penataan yang lebih baik lagi. Pedagang yang ada di sana memang tidak sebanyak yang ada di Pananjung, tapi pasarnya memang bersih, rapih serta penyajiannya pun apik, pedagangnya sangat disiplin, seperti tidak boleh merokok di tempat jualan, apalagi membuang sampah sembarangan ” papar Adang Hadari.

Walau pun menurut informasi dari dinas perdangannya di sana harga jual barang relatif lebih mahal, lanjut Adang, tapi pembeli yang datang dibuat nyaman dengan penataan pasarnya dengan lantai yang bersih, tidak berbau dan becek.

“Kalau masalah harga, saya rasa tidak jauh berbeda dengan di Pananjung. Malahan ada yang lebih mahal di sini. Padahal di sana sudah pasar modern,” pungkas Adang Hadari. (Mad/Koran HR)

Loading...