Peduli Lingkungan, Dandim 0613 Ciamis Lakukan Penghijauan di Pangandaran

Peduli Lingkungan, Dandim 0613 Ciamis Lakukan Penghijauan di Pangandaran. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dandim 0613 Ciamis melakukan penanaman 500 pohon di Desa Pagergunung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (13/12/2018).

Penanaman 500 pohon yang dilakukan Dandim 0613 Ciamis itu merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan, seiring datangnya musim penghujan, yang mana wilayah Kabupaten Pangandaran rawan akan bencana.

Danramil 1320 Pangandaran, Mayor Inf. Ikeu Masrika, selaku Koordinator Penghijauan Dandim 0613 Ciamis, mengatakan, pohon yang ditanam di antaranya adalah pohon jenis buah-buahan, seperti pohon sukun, sawo, alpukat, jambu, trembesi dan lainnya.

“Yang ditanam adalah pohon jenis buah, sehingga nanti jika berbuah bisa dikonsumsi. Untuk menanam pohon tersebut, kami menurunkan 50 personil yang terdiri dari TNI, Polri, serta warga masyarakat yang ada di sekitar lokasi,” terangnya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatannya.

Mayor Inf. Ikeu Masrika juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya longsor, pemanasan global, dan untuk menahan atau melindungi sumber mata air.

Kegiatan penghijauan yang dilakukan pihaknya itu dilepas secara langsung di Lapang Merdeka Pangandaran oleh Staf Ahli Bupati sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Dalam kesempatan itu, pemerintah kabupaten juga menyerahkan secara simbolis pohon yang akan ditanam ke TNI untuk penghijauan di daerah-daerah yang rawan bencana.

“Setidaknya dengan ditanami pohon di daerah rawan longsor bisa diantisipasi, karena banyak tumbuhan,” tandasnya. (Ntang/R3/HR-Online)

Loading...