Peluang Bisnis di Bidang Kuliner, Anda Bisa Mencobanya!

Berita Inspirasi Bisnis, (harapanrakyat.com),- Bisnis di bidang kuliner profitnya akan terus ada selama bisnis terus berjalan. Bisnis kuliner apapun pasti akan memberikan profit selama kuliner yang dijual menarik dan disukai oleh konsumen. Selama manusia butuh makan, maka bisnis di bidang kuliner akan tetap jalan. Mungkin itu adalah ungkapan yang tepat untuk para pebisnis di bidang kuliner.

Namun, jangan hanya berpedoman pada kebutuhan makan manusia saja. Karena zaman sekarang orang-orang membeli makanan bukan hanya karena butuh makan tetapi karena faktor lain, misalnya ingin merasakan rasa terbaru, atau membeli secara berulang karena rasanya yang nikmat.

Sebelum memulai dan memanfaatkan peluang bisnis kuliner, pikirkan terlebih dahulu target konsumen untuk kedepannya. Dan berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan;

  1. Jenis Kuliner yang disesuaikan dengan konsumen. Misalnya, ingin memulai bisnis susu segar yang diracik dengan berbagai rasa. Tentu saja target konsumennya adalah semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa maupun tua.
  2. Strategi pemasaran yang baik akan membuat bisnis terus dikenal semua kalangan. Strategi pemasaran bisa berupa pengadaan voucher, diskon maupun persaingan harga yang kompetitif. Jika bidang kuliner yang dijalankan sudah terkenal dan mendapatkan hati di masyarakat, harga yang ditawarkan bisa lebih kompetitif atau lebih mahal sedikit dari pesaing bisnis di bidang yang sama.

Contoh Bisnis Kuliner yang di Sesuaikan dengan Lokasi Penjualan

Ada hal yang sangat berpengaruh terhadap bisnis kuliner Anda, yaitu lokasi tempat penjualan. Tentu saja, lokasi penjualan akan mempengaruhi grafik penjualan naik atau turun. Berikut adalah contoh bisnis kuliner yang disesuaikan dengan lokasi penjualan.

  1. Kedai Ayam Geprek Rp. 10 ribu di sekitar lingkungan Kampus.

Bisnis kuliner pertama yang disesuaikan dengan lokasi adalah kedai ayam geprek dengan harga Rp. 10 ribu. Jenis bisnis ini dapat didirikan di sekitar lingkungan kampus dengan target konsumen adalah mahasiswa.

Seperti yang anda tahu bahwa mahasiswa memiliki budget yang pas-pasan untuk kebutuhan makan. Sehingga, Anda dapat memberikan harga terjangkau kepada konsumen, tapi anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun sedikit. Dengan begitu, produk akan terus laku.

  1. Aneka Minuman Dingin di lingkungan atau daerah dengan suhu panas.

Seperti Kota Semarang, meski diguyur hujan pada siang hari udara atau suhunya tetap saja terasa panas. Hal ini dapat menjadi peluang untuk mendirikan bisnis minuman dingin seperti Es Buah, Es Capucino maupun aneka minuman dingin yang lainnya.

Demikian sedikit ide bisnis yang dapat disesuaikan dengan lokasi tempat penjualan. Anda pun dapat mencoba bisnis lain yang menarik dan banyak disukai oleh konsumen. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA