Pemandu Snorkeling di Pantai Pangandaran Raup Untung hingga Ratusan Ribu Rupiah

Pemandu Snorkeling di Pantai Pangandaran Raup Untung hingga Ratusan Ribu Rupiah. Photo : Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Di musim libur panjang ini, pemandu snorkeling di kawasan wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat, meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah perhari.

Bambang, salah seorang pemadu snorkeling, mengatakan, jika di hari biasa pendapatannya hanya pas-pasan, namun semenjak masuk liburan sekolah dan menjelang libur Natal dan Tahun Baru kali ini mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat dari hari-hari biasanya.

“Banyak pengunjung yang datang ke lokasi pasir putih dan ber-snorkeling. Untuk memberikan pendampingan sekaligus mengajarkan cara menyelam itu dihargai 50 ribu rupiah per orangnya,” terang Bambang, kepada HR Online, Sabtu (22/12/2018).

Bila sedang ramai seperti musim liburan saat ini, dalam sehari dirinya mengaku mendapatkan upah dari menjual jasanya itu mencapai Rp 500 ribu, bahkan terkadang lebih.

Menurut Bambang, tidak mudah untuk memberikan edukasi atau cara bersnorkeling kepada para pengunjung. Untuk itu, pihaknya harus menjelaskannya secara detil.

“Tak sedikit binatang yang beracun, untuk itu kita wajib memberikan edukasi tersebut agar pengunjung terhindar dari sengatan binatang laut.,” terang Bambang.

Sementara itu, masa libur panjang seperti saat ini rata-rata para guide wisata alam. Seperti halnya guide snorkeling yang lebih memilih mendampingi wisatawan di pasir putih Pangandaran, daripada harus melayani perjalanan dinas ke tempat yang jauh. (Ntang/R3/HR-Online)