Pemdes Cibogo Normalisasi Drainase dan Perbaiki Jalan Pakai Dana Desa

Normalisasi drainase di Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran untuk menghindari bencana banjir. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menginggat musim hujan yang masih cukup tinggi, Pemdes Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran bersama masyarakat beramai-ramai membersihkan dan menormalisasi drainase atau saluran air guna menghindari bencana banjir.

Karsim, Kepala Desa Cibogo, mengatakan, di wilayahnya terdapat dua dusun yang kerap diterjang banjir, yakni Dusun Cibogo dan Dusun Cibeureum. Banjir tersebut disebabkan adanya saluran drainase yang tersumbat oleh sampah. Karena itu, pihaknya mengerahkan masyarakat untuk bergotong royong membersihkan saluran air tersebut.

“Dalam kegiatan ini, kita menggunakan dana desa. Penyaluran dana desa ini sesuai dengan program desa dan saya rasa sudah sesuai dengan aturan,” katanya kepada Koran HR, Senin (26/11/2018).

Uja, salah satu pegawai Desa Cibogo, mengatakan, penyaluran dana desa untuk normalisasi drainase di dua dusun tersebut sebesar Rp 54 juta.

“Selain untuk normalisasi, juga untuk perbaikan jalan di dua dusun tersebut, yakni di Dusun Cibogo RT 17 dan Dusun Cibeureum RT 7 dengan panjang 50 meter, lebar 2 meter. Sedangkan drainase yang dinormalisasi sepanjang 700 meter,” jelas Uja.

Pasca normalisasi drainase yang pembuangannya ke sungai tersebut, lanjut Ujar, diharapkan air yang mengalir bisa lancar kembali tanpa tersumbat oleh sampah maupun karena pendangkalan. Sehingga, banjir pun bisa dihindarkan.

Ujang, salah satu warga Cibogo, mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas perhatian Pemdes Cibogo yang memperhatikan saluran air yang menjadi penyebab banjir di wilayahnya itu.

“Mudah-mudahan saja ketika hujan tidak banjir lagi aktivitas masyarakat tidak terganggu lagi. Kami sangat berterima kasih kepada Pemdes Cibogo,” katanya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA