Rabu, November 30, 2022
BerandaBerita TerbaruPenderita Nyeri Sendi Jangan Konsumsi 3 Makanan Ini!

Penderita Nyeri Sendi Jangan Konsumsi 3 Makanan Ini!

Nyeri sendi atau encok kerap dialami banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut seringkali membuat banyak aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Ada berbagai macam penyebab munculnya rasa nyeri sendi, salah satunya akibat dari mengonsumsi makanan tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (22/12/2018), berikut ini makanan yang bisa menyebabkan terasa nyeri pada persendian;

Tomat

Meski tomat memiliki sifat anti inflamasi, tapi bagi para penderita asam urat sebaiknya mewaspadai sayuran yang satu ini. Karena, penelitian telah menemukan, penderita encok melaporkan bahwa, sakit yang mereka alami itu, 20 persen disebabkan konsumsi tomat.

Walaupun belum ditemukan alasan yang jelas, namun sejumlah peneliti menilai bahwa makan tomat dapat meningkatkan kadar asam urat yang menjadi pemicu nyeri persendian.

Kedelai

Minyak kedelai, kacang kedelai, serta makanan yang mengandung kedelai juga berpotensi menyebabkan persendian jadi nyeri. Hal itu karena kedelai mengandung asam lemak omega 6. Jika terlalu banyak dikonsumsi oleh penderita encok bisa membuat peradangan.

Minuman Bersoda

Selain bisa memicu munculnya diabetes, minuman bersoda juga memicu pelepasan sitokin yang membuat persendian terasa nyeri. Bagi wanita yang mengonsumsi satu kaleng minuman bersoda atau lebih dalam setiap harinya memiliki risiko 30 persen lebih tinggi mengalami risiko radang sendi.

Penyebab lain terjadinya nyeri persendian selain akibat konsumsi berbagai makanan dan minuman tersebut di atas adalah obesitas. Untuk itu, salah satu cara mencegah agar tubuh tidak mengalami kondisi tersebut yaitu dengan meneliti makanan yang akan dikonsumsi, dan selalu menjaga kondisi tubuh.

Atasi Radang Sendi dengan Konsumsi Makanan Ini

Supaya Anda terhindar dari penyakit radang sendi, berikut ini adalah beberapa makanan sehat dan enak yang dapat membantu Anda mencegah munculnya penyakit tersebut.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber lemak sehat yang dikenal sangat baik. Salmon juga mengandung kalsium, vitamin D, serta asam folat. Semuanya sangat baik untuk mencegah radang sendi, menurunkan kolesterol, dan mencegah terjadinya arthritis.

Pisang

Pisang mengandung kaliun yang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang sangat penting untuk mineralisasi tulang bagi penderita arthritis.

Teh hijau

Sifat anti inflamasi di dalam teh hijau bermanfaat untuk mengobati radang sendi. Selain itu, kandungan polifenol di dalamnya berfungsi sebagai zat antioksidan yang juga dapat membantu mencegah sejumlah penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

Jus jeruk

Jeruk merupakan jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi di dalamnya. Vitamin C sangat bermanfaat untuk menyehatkan tulang, persendian dan gigi.

Tahu

Tahu yang terbuat dari kedelai ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit radang sendi. Dengan mengonsumsi protein kedelai secara rutin dapat mengurangi gejala radang sendi secara signifikan.

Selai kacang

Selai kacang mengandung niacinamide sebagai zat alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sendi. (Eva/R3/HR-Online)