Perayaan Natal dan Tahun Baru, Disbudpar Pangandaran Targetkan PAD Rp 5 Miliar

Pintu masuk kawasan wisata Pantai Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Pangandaran menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 5 miliar dari target satu juta pengunjung.

Undang Sohbarudin, Kepala Disbudpar Pangandaran, mengatakan, untuk mempersiapkan membludaknya pengunjung, pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan berbagai persiapan, terutama melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Dinas Kesehatan, Balawista, Jaga Lembur, Kepolisian serta lainnya.

“Persiapan ini tentunya sangat perlu, apalagi sebagai langkah antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutam di kawasan objek wisata pantai yang menjadi tujuan utama pengunjung. Pada prinsipnya, kita berikan pelayanan terbaik untuk tamu kita,” kata Undang, Selasa (11/12/2018).

Selain itu, pihaknya juga berharap tidak adanya pedagang musiman yang memanfaatkan momen tersebut untuk berjualan di kawasan pantai Pangandaran. Pasalnya, hal itu akan mengganggu para pengunjung serta pemandangan seperti yang sudah disosialisasikan sebelumnya.

“Nanti untuk mengantisipasi hal itu, kita harapkan Jaga Lembur dan Satpol PP sigap. Tak hanya itu, kita juga berharap semua objek wisata yang ada ditingkatkan kemanan dan kenyamannya demi melayani para pengunjung, termasuk juga pengaturan lalu lintas yang mana ditangani Kepolisian dan Dishub,” imbuhnya.

Kaitannya dengan tiket masuk, lanjut Undang, pihaknya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari agar pada pelaksanaan tidak terjadi kekurangan. Adapun harga paling tinggi, adalah kelas bus dengan harga Rp 320 ribu dan termurah adalah kendaraan roda dua seharga Rp 14 ribu.

“Harganya tidak ada yang berubah dari tahun sebelumnya, sama saja. Nanti juga kita akan memeriahkan tahun baru dengan menggelar seni budaya tradisional Ronggeng Gunung serta pesta kembang api di Katapang Doyong,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)