Permudah Layanan Kesehatan, Dinkes Pangandaran Luncurkan E-Puskesmas

Suasana pelayanan di UPTD Puskesmas Parigi, Kabupaten Pangandaran. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di Pangandaran, Dinkes Pangandaran meluncurkan sistem baru yang bernama  E-Puskesmas dan langsung diresmikan Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari.

Kepala Dinkes Pangandaran, Yani Achmad, mengatakan, sistem terbaru pelayanan kesehatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki sistem sebelumnya serta agar mempermudah dalam memonitor jumlah pasien serta obat yang dikeluarkan.

“Yang sudah pasti adalah sistem ini bermanfaat untuk mempercepat laporan ke provinsi dengan lebih cepat serta tidak memakan banyak waktu,” kata Yani kepada Koran HR, Senin (26/11/2018).

Yani menambahkan, sistem tersebut dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan, aplikasi tersebut sudah terhubung ke seluruh puskesmas yang ada di Pangandaran, termasuk ke UPTD Farmasi, Lab dan Dinkes Pangandaran.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, sambung Yani, adalah bisa membantu masyarakat dalam proses rujuk ke rumah sakit.

“Aplikasi ini hasil kerjasama dengan Telkom, BPJS dan juga Rumah Sakit. Semoga dengan lebih mudahnya pelayanan masyarakat akan berdampak lebih baik dari sebelumnya,” pungkas Yani.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari, mengatakan, adanya E-Puskesmas tersebut akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Jika semua berjalan dengan baik, kata Adang, maka untuk mendaftarkan pasien ke Puskesmas cukup di rumah saja, tidak perlu datang ke Puskesmas dan datang ke Puskesmas langsung ditangani oleh perawat dan dokter.

“Stok obat bisa dicek dan juga klaim BPJS Kesehatan. Sayangnya, sistem ini belum terhubung ke Puskesmas Pembantu (Pustu), tapi sudah saya sarankan agar difasilitasi. Jumlah Pustu di Pangandaran ada 100 dan perannya sangat penting. Mudah-mudahan ke depan sarana dan operatornya bisa diupayakan,” ujarnya. (Ceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA