Resmi Dilantik Walikota Banjar, Hendra Siap Bawa Perubahan untuk Sinartanjung

Asep Hendra Sugiharto, Kepala Desa (Kades) Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar periode 2018-2024. Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Asep Hendra Sugiharto, Kepala Desa (Kades) Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, yang baru saja dilantik oleh Walikota Banjar, Jumat (21/12/2018), siap membawa perubahan di pemerintahan desa yang dipimpinnya.

“Pegangan untuk kerja sebagaimana visi misi saya dengan mengusung perubahan yang ada di pemerintahan Desa Sinartanjung,” ucapnya usai acara tasyakuran dan sertijab dari Plt Kades, Indah Nurrelasari kepadanya, di Aula Desa Sinartanjung, Jumat (21/12/2018).  

Berita Terkait : Ini Pesan Walikota Banjar saat Lantik 3 Kades Terpilih

Menurutnya, warga Sinartanjung menginginkan perubahan menuju lebih baik lagi, dimulai dari kelembagaan sampai perangkat desanya, serta mengharapkan transparansi anggaran.

Asep menambahkan, untuk program 100 hari kerja akan dirumuskan kembali. Walaupun dirinya sudah miliki pegangan, tapi tidak perlu diekpos terlebih dulu.

“Untuk saat ini saya ingin fokus persiapan mengawali pelaksanaan kerja sebagai kades yang sudah ditunggu warganya,” katanya.

Hendra pun berharap, ke depannya warga Sinartanjung terutama pemuda-pemudi tak usah mencari lapangan kerja ke luar daerah. “Tapi cukup fokus di sini sama-sama menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Desa Sinartanjung,” ucapnya.

Sementara Plt Kepala Desa Sinartanjung, Indah Nurrelasari, mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh warga Sinartanjung, selama mengemban penjabat kades.

“Saya sangat senang dan berbahagia telah selesai selaku penjabat kades, dan mengantarkan Pilkades Sinartanjung dengan lancar, aman dan kondusif. Sekarang saya tinggal beres-beres administrasi saja,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, realisasi kegiatan Desa Sinartanjung di tahun 2018 sudah capai 85 persen, dan optimis 100 persen selesai dua minggu kebelakang, atau sampai akhir Desember 2018 dengan dituntaskan kades baru.

“Ada kegiatan belum selesai memang seperti halnya penyusunan RKPDes 2019 yang tinggal diverifikasi dan ditetapkan. Semoga akhir tahun pun APBDes 2018 mengikuti selesai dan ditetapkan,” katanya.

Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, yang ikut menghadiri acara tasyakuran dan sertijab Kades Sinartanjung, yakin bahwa Asep Hendra bisa membawa daerah yang dipimpinnya menjadi lebih baik, dan masyarakatnya juga bisa lebih sejahtera

“Semangat generasi muda atau jiwa muda yang dimiliki Asep selaku Kades Sinartanjung, betul-betul kepemimpinannya membawa gairah kehidupan perekonomian dan kondusifitas wilayah desanya. Insyallah Sinartanjung bisa lebih maju,” tuturnya.

Disinggung soal pengelolaan dana transfer diterima desa, Nana menyebut tentunya kades baru ini akan memahaminya, dan penting kehati-hatiannya dalam menjalankan kebijakannya sesuai aturan yang ada.

“Dalam pengelolaan anggaran di tahun 2019 mendatang, kades baru harus tahu dan ikut mulai perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Sehingga dalam pertanggungjawaban akhir tahun anggaran tak menemui masalah,” ucapnya. (Nanks/R5/HR-Online)