Sempat Terisolir 10 Hari Akibat Longsor, Akhirnya Jalan di Ciamis Ini Bisa Dilalui

Proses evakuasi jalan yang terdampak longsor. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hampir 10 hari lamanya jalan penghubung antara Desa Mekarmulya dengan Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis yang tepatnya di Dusun Karangcingkrang Desa Mekarmulya sempat lumpuh total akibat longsor.

Karena kondisi itu, warga setempat bersama BPBD, Tagana, Banser, TNI, dan Polri bersama-sama melakukan gotong royong membersihkan material longsoran dengan alat seadanya.

Kapolsek Pamarican, AKP Subagja, mengatakan, dalam proses evakuasi material longsor meski dengan alat seadanya, namun ia sangat bersyukur atas semangat para relawan, warga, TNI, Polisi, BPBD, Banser serta lainnya. Sehingga, longsor yang mengganggu masyarakat pun bisa ditangani.

“Kami hanya menggunakan alat seadanya, seperti cangkul, pompa air dari BPBD. Proses evakuasi bongkahan longsoran ini memakan waktu yang lumayan panjang, namun alhamdulillah berkat kerja keras dari semuanya, sekarang sudah bisa dilalui kendaraan. Meski begitu, kita tetap mengimbau pengguna jalan ataupun warga untuk tetap berhati-hati dari bahaya longsor, apalagi sekarang musim hujan,” jelasnya kepada HR Online, Sabtu (15/12/2018).

Di lokasi yang sama, Pj. Kepala Desa Mekarmulya, Bunyamin, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dari berbagai elemen tersebut yang telah membuka kembali akses jalan yang tertimpa material tanah akibat longsor ini.

“Atas nama pemerintahan dan masyarakat Desa Mekarmulya, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada jajaran Polri, TNI, BPBD, Tagana, rekan-rekan Banser juga seluruh yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. Mudah mudahan segala kebaikan serta kerja kerasnya mendapat pahala yang berlipat, di mana dengan kegiatan ini, alhamdulillah akses jalan menuju dua desa kini sudah bisa kembali dilalui,” katanya. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA