Sering Gunakan Fasilitas WiFi Gratis di Tempat Umum? Intip Bahaya yang Mengintai

Sering Gunakan Fasilitas WiFi Gratis di Tempat Umum? Intip Bahaya yang Mengintai. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Di zaman modern ini, fasilitas WiFi gratis menjadi salah satu yang paling dicari. Bagi Anda yang sering memanfaatkan fasilitas tersebut sebaiknya hati-hati.

Dikutip dari Digital Trends, Senin (03/12/2018), salah seorang dosen di Maryland University, Amerika Serikat, David Maimon, memaparkan, bahwa fasilitas WiFi gratis seringkali disusupi malware yang bisa mencuri data dari perangkat pengguna.

Fasilitas tersebut memungkinkan pengguna lain mengakses data yang terdapat pada komputer seseorang. Itu artinya, WiFi gratis bisa saja dimanfaatkan peretas atau hacker untuk mencuri data tertentu dari seseorang.

Meskipun sangat berbahaya, namun hingga saat ini masih banyak orang yang kurang menyadari akan bahaya dari penggunaan layanan WiFi gratis. Sebaiknya pengguna waspada bila ada jaringan hotspot dengan nama tak dikenal, atau bahkan mirip dengan jaringan resmi.

Apabila Anda nekat menghubungkan perangkat dengan jaringan itu, bukan tidak mungkin kinerjanya akan melambat. Biasanya masalah yang akan terjadi terkait dengan teknologi proxy.

Perlu diketahui pula bahwa teknologi tersebut mencegat komunkasi WiFi, menangkap, mengopi, dan menyimpan data di komputer hacker yang berada pada jaringan lokal.

Dengan demikian, mulai sekarang Anda harus berhati-hati jika akan mengakses internet menggunakan layanan WiFi gratis. Terlebih bisa yang diaksesnya data-data pribadi. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan layanan WiFi di tempat umum yang keamanannya tidak terjamin. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA