Wahwah! Sering Menguap Ternyata Ungkap Gangguan Kesehatan

Wahwah! Sering Menguap Ternyata Ungkap Gangguan Kesehatan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Menguap biasanya datang ketika Anda merasa ngantuk atau ketika badan sudah terasa terlalu lelah. Tapi, tahukah Anda bahwa terlalu sering menguap juga bisa menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan pada diri Anda.

Menurut beberapa penelitian, menguap bukan karena kantuk adalah proses gerak reflek tanpa disadari yang dikendalikan langsung oleh otak. Menguap dianggap sebagai cara pendinginan otak, karena udara yang masuk ketika menguap akan tersalurkan hingga ke otak. Hal ini menunjukkan bahwa di area yang dingin, seseorang akan menguap lebih sering dibandingkan di area yang panas.

Berikut ini Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Anda Sering Menguap.

Menguap terlalu sering itu ketika anda menguap lebih dari satu kali dalam satu menit. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sangat kelelahan dan juga ngantuk. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba berusaha mengenali tanda-tanda gangguan kesehatan dari hal ini.  

Central Sleep Apnea (CSA)

CSA ini merupakan masalah yang timbul ketika Anda tertidur di malam hari. Biasanya gejala dari CSA adalah kesulitan bernafas atau bahkan berhenti bernafas ketika tidur di malam hari. Gangguan pernapasan tersebut berkaitan dengan masalah pada otak yang terlupa memberikan otot-otot Anda untuk bernapas ketika tidur.

CSA berbeda dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) atau gangguan pernapasan yang disebabkan oleh tertutupnya saluran pernapasan. Orang yang mengalami gangguan CSA tidak tertutup saluran pernapasannya, tetapi terjadi masalah pada koneksi antara otot pernapasan dengan otak.

Karena gangguan ini, Anda akan sering terbangun dan terganggu, sehingga Anda pun akan lebih sering menguap karena tidak tidur dengan nyenyak.

Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis merupakan masalah kronis pada sistem saraf pusat. Yakni sistem kekebalan tubuh menyerang selubung jaringan saraf. Hal ini menyebabkan peradangan serta menimbulkan luka pada jaringan.

Banyak hal yang ditimbulkan dari Multiple Sclerosis ini. Tapi sekitar 80 persen orang yang menderita penyakit ini mengalami keletihan yang sangat berat, sehingga membuatnya menguap lebih sering.

Efek multiple sclerosis ini juga membuat penderitanya kesulitan dalam mengatur suhu tubuh, sehingga menguap menjadi cara untuk mengatur suhu tubuh kembali normal.

Serangan Jantung

Serangan jantung sering disebabkan oleh ketidakcukupan jantung mendapat aliran darah dan zat makanan untuk memompa darah. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah tersumbat oleh plak-plak dari lemak yang kemudian membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Seseorang yang mengalami serangan jantung biasanya merasa sakit pada dada, berkeringat, mual, gangguan pada pernapasan dan mengalami kelelahan. Dengan begitu, orang yang kelelahan akibat serangan jantung dapat menguap lebih sering dari biasanya. (Deni/R4/HR-Online)