SMAN 2 Kota Banjar Gelar Pameran Kewirausahaan

Pameran kewirausahaan siswa SMAN 2 Kota Banjar, di halaman sekolah, Sabtu (15/12/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- SMAN 2 Kota Banjar melakukan pameran kewirausahaan di halaman sekolah, Sabtu (15/12/2018). Pameran tersebut merupakan sebagai unjuk nyata dari sekolah rujukan.

Pantauan HR Online di lokasi, bazar berbagai produk kewirausahaan yang ditampilkan oleh setiap kelas ini, mulai dari kerajinan tangan atau aksesoris, makanan dan minuman olahan serta lainnya. Barang yang dijual hasil kreatifnya, cukup laku yang terutama dibeli oleh ibu-ibu selaku orang tua siswa yang sedang mengambil raport semester ganjil.

“Raport anak yang diambil setiap orang tua ini supaya selain tahu kemampuan anaknya dalam proses belajar. Juga kami tunjukan hasil kreatif siswa, dengan menggelar pameran kewirausahaan,” kata Kepala SMAN 2 Kota Banjar, Barnas, kepada HR Online.

Menurutnya, pembagian raport yang diterima orang tua dan bersamaan melakukan pameran kewirausahaan dari kreatifitas produk para siswanya itu, suatu hal yang positif dan menjadi bagian unjuk nyata siswa yang digembeleng belajar di sekolah ini.

Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Kota Banjar, Sugeng Juniarto, menambahkan, pameran kewirausaan ini merupakan bagian dari aplikasi mata pelajaran yang berbasis penguatan skill (keterampilan), pendidikan karakter dan dan kewirausahaan yang diberikan kepada siswa-siswi sekolahnya secara mandiri.

“Belajar di SMAN 2 Kota Banjar ini, tak lepas pula siswa diberi pemahaman kemandirian, salah satunya siswa dibentuk berjiwa wirausaha. Selain teori, kita praktekan membuat produk usaha,” ucapnya.

Dari hasil pembelajaraan kewirausahaan, dia bersyukur siswa SMAN 2 Kota Banjar sudah mampu menampilkan kreatif produk usahanya dan ini ditampilkan pamerannya bersamaan pembagian raport.

“Barang atau produk yang dijual bermacam-macam mulai kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan serta sebagainya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, di SMAN 2 Kota Banjar ini bahwa program itu diawali dari aspek pengolahan yaitu produk abon jantung pisang, keripik sukun aneka rasa, dan jenis minuman yang dirancang inovatif.

Untuk budidaya, diantaranya pengembangan ikan Mujair, ikan Lele. Selain itu keterampilan tanaman sayuran dengan media inovatifnya berupa daun seledri, daun bawang dan jenis sayuran lainnya.

“Atas pembelajaran skiil itu, alhamdulillah siswa sudah mampu menampilkan kreatif produk usahanya dan ini ditampilkan pamerannya bersamaan pembagian raport. Pembelinya tadi bukan hanya orang tua siswa, tapi dibuka untuk umum. Alhamdulillah disambut antusias dan cukup laku,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)

Loading...