Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Play yang Baru Saja Dirilis

    Smartphone Xiaomi Mi Play. Foto : net/ist

    Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Dipenghujung tahun 2018 ini, vendor asal China, Xiaomi, memperkenalkan produk anyarnya. Smartphone baru dengan nama Xiaomi Mi Play, yang satu seri dengan Redmi.

    Dikutip dari berbagai sumber, smartphone yang juga termasuk smartphone flagship Xiaomi ini, dibekali denga layar berukuran lebar yaitu 5,84 inci, dengan resolusi 1080 x 2280 piksel Full HD.

    Untuk desainnya ada sedikit perbedaan dengan seri Redmi lainnya. Xiaomi Mi Play berbodi elegan dan kekinian. Di bagian belakangnya, dibalut dengan warna yang keren sesuai dengan trendi ponsel pintar zaman now.

    Sementara notch atau poni berukuran kecil dengan bentuk waterdrop atau mirip dengan tetesan air, yang letaknya ada di tengah layar atas. Sedangkan layarnya dibekali dengan mode untuk melindungi mata dari paparan sinar layar.

    Di bagian ‘otaknya’, Xiaomi Mi Play menggunakan chipset MediaTek Helio P35 dengan fabrikasi 12 nm dan berkecepatan 2.3 GHz. Xiaomi mengklaim bahwa chipset tersebut lebih unggul dari Snapdragon 625.

    Sedangkan untuk RAM berkapasitas 4 GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal 64 GB. Kapasitas daya baterai 3.000 mAh, sayang tidak ada didukung teknologi untuk mengisi daya baterai dengan cepat atau fast charging. Hanya mengisi dengan mengandalkan USB Mikro.

    Beralih ke sektor kamera, bagian belakang disematkan dual lensa yang letaknya kiri atas dengan posisi vertikal. Masing-masing kameranya 12 MP serta 2 MP. Hasil jepretan dari dua kamera itu sangat bagus dan jelas serta bisa efek bokeh.

    Sedangkan kamera depan resolusinya 8 MP plus fitur HDR, mode portrait, serta face recognition.

    Fitur lainnya dari Xiaomi Mi Play antara lain pemindai sidik jari untuk keamanan ponsel letaknya ada di tengah belakang dengan bentuk membulat. Kemudian bluetooth 4.2, dual SIM dengan ukuran nano.

    Xiaomi Mi Play yang tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu fantasy blue dan twilight gold ini, dijual dengan harga US$160 atau kisaran Rp 2,3 jutaan.

    Selain Mi Play, Xiaomi juga merilis seri lainnya yaitu Mi Mix 3 di bulan November lalu. Harga Mi Mix 3 lebih mahal dari Mi Play yaitu dibanderol US$475 (sekitar Rp 6,9 jutaan).

    Tidak seperti ponsel pintar kekinian, untuk seri Mi Mix 3 tidak ada notch atau poni. Namun untuk memunculkan kamera depannya memakai konsep mekanisme geser.

    Tidak salah jika Mi Mix 3 dijual mahal, karena untuk kameranya saja sudah kelihatan. Di bagian belakang dibekali dengan dual kamera yang masing-masing 12 MP dengan fungsi yang berbeda.

    Sedangkan kamera depan juga sama dual kamera, yaitu 24 MP dan 2 MP juga dengan fungsi yang berbeda.

    Bagian layar berukuran 6,39 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845. (Adi/R5/HR-Online)