Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisSuara Dentuman Misterius dari Bawah Tanah Teror Warga di Sindangbarang Ciamis

Suara Dentuman Misterius dari Bawah Tanah Teror Warga di Sindangbarang Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga di blok Guling Munding Dusun Sidangrasa RT 01/RW 02 Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam sepekan ini kerap dikagetkan oleh suara dentuman misterius yang berasal dari bawah tanah. Terlebih, setiap suara dentuman itu muncul, membuat kaca rumah warga bergetar.

Kaur Ekbang Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Sodik, membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, suara dentuman misterius dari bawah tanah itu sudah terjadi dalam sepekan ini. “Suara misterius itu terdengarnya pada malam hari tepatnya setelah waktu sholat Isya atau pada saat dini hari sektiar pukul 02.00 WIB,” ujarnya, kepada HR Online, Kamis (27/12/2018).

Sodik menambahkan, berdasarkan laporan dari kepala dusun setempat, tak sedikit warga sekitar yang pernah mendengar suara misterius tersebut. Hal itu, tambah dia, membuat warga panik dan ketakutan lantaran khawatir suara itu pertanda akan terjadi bencana tanah longsor.

“Kebetulan wilayah Sindangrasa ini berada di dataran tinggi atau berada di atas bukit. Meski begitu, di wilayah Sindangrasa belum pernah terjadi bencana longsor atau pergerakan tanah. Namun, warga khawatir suara itu pertanda akan terjadi longsor dan bencana yang disebabkan dari pergerakan tanah,” terangnya.

Berdasarkan penuturan warga, lanjut Sodik, suara dentuman itu mirip suara dinamit yang tengah meledakan gunung batu. Setiap suara itu muncul, tiba-tiba saja kaca rumah warga bergetar.

“Padahal, di wilayah Desa Sindangbarang atau di kampung sebelah tidak ada aktivitas peledakan gunung. Warga di sana benar-benar bingung setiap mendengar suara tersebut. Apalagi suara itu terdengarnya dari bawah tanah,” katanya.

Sodik mengungkapkan, dirinya sudah mendapat informasi bahwa di daerah lain pun belakangan ini sering terdengar suara dentuman misterius. Namun, kata dia, yang terjadi di daerah lain suara dentuman itu berasal dari atas langit.

“Yang membuat kami heran, di kampung kami justru suara dentuman itu terdengar dari bawah tanah. Makanya, warga takut suara itu pertanda akan terjadi longsor. Makanya, kami dari pihak desa sudah meminta pihak BPBD Kabupaten Ciamis untuk melakukan penelitian. Apabila ternyata benar suara itu pertanda rawan longsor, kami bisa mempersiapkan diri untuk mengevakuasi warga ke tempat lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sodik menegaskan fenomena suara dentuman itu baru pertama kali terjadi di kampungnya. Sebelumnya, kata dia, belum pernah terdengar suara-suara aneh seperti itu. (R2/HR-Online)

- Advertisment -